⁠⁠⁠Penyesuaian Tarif Air Amanah Permendagri 2016

Purwakarta, IniOnline.id-Direksi dan Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gapura Tirta Rahayu Purwakarta membahas kenaikan tarif air Tahun 2018, Selasa (5/8/2017).

Direktur PDAM Gapura Tirta Rahayu Dadang Saputra mengatakan, para direksi mengkaji kenaikan tarif dasar air agar tidak menjadi kesalahpahaman konsumen terhadap kebijakan pemerintah dalam menetapkan tarif air minum.

“Kenaikan tarif PDAM yang akan diberlakukan sebagai upaya untuk membiayai produksi air minum. Agar tersedia pelayanan yang berkualitas,” kata Dadang Saputra kepada IniOnline.id.

Kenaikan tarif tersebut lanjutnya, sesuai dengan Permendagri No.70 Tahun 2016 tentang Pedoman Pemberian Subsidi Pemerintah Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah dan Penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum.

Disebutkan pula Permendagri No 71 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum, dengan meminta persetujuan Bupati sebagai acuan. “Kenaikan tarif didasarkan atas berbagai pertimbangan yang telah sesuai dengan plant bussines PDAM Tirta Rahayu.

Kedepan, konsekuensi pengembangan dalam rangka peningkatan cakupan pelayanan tahun 2018, kebutuhan sarana dan prasarana yang memadai, hingga kenaikan biaya operasional akibat rentetan kenaikan tarif listrik.

Beberapa wilayah yang distribusi airnya kurang maksimal membuat PDAM Gapura Tirta Rahayu menyediakan Tangki Berjalan. Dengan maksud, memberi pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Terutama pada musim kemarau. “Kami menyiapkan 10 tangki setiap hari membantu warga yang kekurangan air.,” terang Dadang.

Meski demikian, kenaikan tarif dasar PDAM sudah sewajarnya dilakukan oleh pemerintah daerah, Sehingga perlu dikaji ulang apakah pemberlakuan kenaikan tarif tersebut sudah sesuai.

“Sumber air PDAM Gapura Tirta Rahayu yang berasal dari air pegunungan, membutuhkan biaya besar untuk merawat, mengolah serta mempertahankan sumber airnya maka perlu membahas biaya operasional,” tutupnya. (Daup H/yusuf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *