SISWA MAN 4 JUARA 2 SILVER PRIZE DI IYRC

Jakarta – inionline.id

Daffa Maheswara Wiryawan kembali meraih prestasi bidang robotik. Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta ini menggondol juara 2 (Silver Prize) untuk kategori Maker Challanger pada International Youth Robotic Competition (IYRC) 2017.

Ajang yang diselenggarakan di Genting International Covention Centre, Malaysia, ini berlangsung dari 2 – 5 Agustus 2017. Didik, ayah Daffa yang ikut mendampingi saat berlaga di Malaysia mengaku senang dengan raihannya ini.

“Kami sangat puas karena masih bisa menang dan mampu bersaing dengan banyak peserta. Total peserta 900 orang dari 33 negara,” katanya, Senin (07/08).

Pada kompetisi ini, Daffa beserta timnya menyajikan project “SCAMS” (Smart Car Attitude Monitoring System). Didik menjelaskan bahwa SCAMS ini bisa berfungsi sebagai alat deteksi, misalnya untuk mengidentifikasi kasus kecelakaan yang belum diketahui penyebabnya. SCAMS bisa membantu kepolisian untuk mendeteksi penyebab kecelakaan, menginforkasikan kepada keluarga korban, rumah sakit, dan polisi.

“Selain itu, SCAMS juga akan mengirim telepon atau pesan segera yang akan memberitahu lokasi kecelakaan mobil,” tambah Didik.

(Sertifikat juara atas nama Daffa Maheswara pada IYRC 2017 di Malaysia)

Sebelumnya, Daffa dan tim juga pernah menjuarai beberapa lomba robotic. Tim MAN 4 Jakarta ini pernah meraih medali emas kategori Line Tracer dan medali perunggu kategori Aerial di Internasional Islamic School Robot Olympiad, Malaysia.

Daffa dan tim juga pernah meraih medali emas kategori Aerial dan Medali perak kategori Maze Solving di Asian Junior Robocup, Malaysia 2016. Pun, juara 1 kategori Coding Mission dan juara 3 kategori Robot Creative di International Youth Robot Competition 2016, Daejon – Korea (kemenag/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *