CALON MAHASISWA UIN ANGKATAN 2017 WAJIB TES URINE

Bandar Lampung  – inionline.id

Calon mahasiswa baru UIN Raden Intan angkatan 2017 wajib jalani tes urine. Tes urine diselenggarakan Panitia PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) UIN Raden Intan Lampung pada tanggal 7 – 11 Agustus 2017 di Gedung Serba Guna UIN Raden Intan.

Wakil Rektor III UIN Raden Intan Syaiful Anwar selaku penanggung jawab kegiatan ini mengungkapkan bahwa tes urine bagi calon mahasiswa baru merupakan komitmen UIN Raden Intan Lampung terhadap pemberantasan Narkoba.

“Masalah narkoba ini merupakan masalah yang cukup darurat bagi bangsa ini, karena efeknya yang luar biasa bagi peradaban bangsa kita di masa depan. Tes ini wajib diikuti calon mahasiswa baru untuk memastikan bahwa mahasiswa dan lembaga ini bebas dari narkoba,” tegas WR III saat memberikan sambutan pada hari pertama tes urine di GSG, Senin (7/8/2017).

Melalui WR III, Rektor berpesan bahwa lembaga ini sedang tumbuh dan berkembang. Maka dengan itu, pimpinan berharap agar UIN Raden Intan menjadi contoh dan pelopor perguruan tinggi lainnya dalam memberantas narkoba dan membangun peradaban yang lebih sehat dan islami khususnya di provinsi Lampung.

Tes urine ini juga akan direncanakan dilakukan dua kali. Tes yang kedua akan dilaksanakan menjelang ujian skripsi. Hal tersebut untuk memastikan bahwa mahasiswa bebas dari narkoba.

Menurut WR III, tidak menutup kemungkinan ada calon mahasiswa ataupun yang sudah mahasiswa terindikasi terlibat penggunaan narkoba. Guru besar bidang manajemen pendidikan ini menyampaikan, jika terindikasi, kemungkinan yang bersangkutan akan dikeluarkan dari kampus atau direhabilitasi sesuai dengan komitmen dan tingkat indikasi pengunaannya.

Tahun ini merupakan tahun yang kedua, setelah yang pertama berjalan pada 2016 dan bekerja sama dengan pihak terkait seperti Polda Lampung dan PMI.

Tes ini akan diikuti oleh 5090 calon mahasiswa baru UIN Raden Intan yang terdaftar di Bagian Akademik. Adapun rinciannya yaitu FTK 2.232 orang, FSH 1.022 orang, FU 397 orang, FDIK 697 orang dan FEBI 742 orang.

Jadwal tes urine, untuk FTK dilaksanakan dua hari mulai 7-8 Agustus 2017. Fakultas lainnya yakni FSH 9 Agustus, FEBI 10 Agustus, FDIK dan FU 11 Agustus 2017. Setiap jadwal tes, dimulai dari pukul 08.30 – 15.30 WIB. (humasuinradenintan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *