Umat Buddha Indonesia Gelar Acara ITC Di Borobudur

Headline, Nasional257 views

Borobudur – inionline.id  Dalam rangka menyambut Hari Raya Asadha Mahapuja 2561/2017, umat Buddha Indonesia  kembali menggelar acara pembacaan Kitab Suci Tipitaka atau Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) III. Kegiatan ini digelar selama tiga hari berturut-turut di Taman Lumbini Borobudur mulai tanggal 6 – 8 Juli 2017.

Indonesia Tipitaka Chanting dan Asadha Mahapuja merupakan salah satu kegiatan akbar yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Sangha Theravada Indonesia dan Keluarga Buddhis Theravadha Indonesia (KBTI). Kali ini, kegiatan diikuti 750 peserta, terdiri dari para Bhikkhu, Samanera, serta Atthasilani dan Upasaka-upasika dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut panitia, kegiatan ini menjadi salah satu upaya KBTI dalam melestarikan Dhamma ajaran Buddha untuk perdamaian dan kebahagiaan dunia. Ini sejalan dengan tema besar “Cinta Kasih Penjaga Kebhinekaan, Menebarkan semangat cinta kasih  dalam keberagaman dan bersatu padu membangun NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”.

Pembimas Buddha Prov. Jawa Tengah Sutarso saat membuka ITC hari Kamis (6/7) menyampaikan bahwa  pelaksanaan ITC III tahun 2017 diharapkan memberikan vibrasi positif dan dapat memperkuat keyakinan umat Buddha, meningkatkan kerukunan, dan dapat menebarkan cinta kasih dan kasih sayang ke segenap penjuru tanpa batas.

Sutarso berharap dengan ITC ini, umat Buddha dapat menjadi suri tauladan bagi lingkungan kecil maupun luas agar nilai nilai yang terdapat dalam Kitab Suci  Tipitaka dapat diaplikasikan dalam kehidupan berbagsa dan bernegara.

Pembukaan ITC III ditandai dengan pemukulan gong oleh Pembimas Buddha Prov Jateng dan penyerahan secara simbolik Kitab Suci Tipitaka oleh Ketua Umum/Sanghanayaka Y.M Subhapanno Mahathera kepada Y.M Santacitto yang memimpin pembacaan ITC.

Turut hadir dalam cara pembukaan Indonesia Tipitaka Chanting  (ITC) Pembimas Buddha DIY Saryono, Ketua Umum Sanghanayaka Y.M. Subhapanno Mahathera, Ketua Umum Panitia Penyelenggara Y.M. Guttadhammo Thera, perwakilan Sangha Agung Indonesia (SAGIN), Ketua Dhammaduta Thailand Y.M. Wongsin Labhiko Mahathera,Ketua Pelaksana Lie Harja Sigit, Ketua MUI DIY, para tokoh lintas agama dan ribuan umat Buddha.

Pembacaan Tipitaka akan diakhiri pada tanggal 8 Juli dengan puja agung hari raya Asadha 2561 BE/2017 di pelataran Candi Borobudur. Diperkirakan sejumlah 8.000 orang akan mengikuti prosesi puja berjalan kaki Bhakti Yatra (Devotional Walk) dari Candi Mendut pada pukul 14.00 WIB menuju pelataran utama Candi Borobudur. Umat Buddha akan melantumkan puja dengan paritta dan mendengarkan kotbah Dhamma oleh YM. Sri Pannavaro Mahathera sebagai renungan makna Asadha. (Bimas Buddha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *