Menag Resmikan Tiga Fakultas Baru Di UIN

Palembang – inionline.id

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan tiga fakultas baru Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Ketiganya adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Psikologi.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menag Lukman. Ikut menyaksikan Rektor UIN Raden Fatah HM Sirozi dan Kepala Kanwil Kemenag Sumsel M Al-Fajir Zabidi. Peresmian ini dilakukan bersamaan dengan Pembinaan ASN Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan di Asrama Haji Palembang, Jumat (07/07).

“Dengan senantiasa memohon ridla Allah dan dengan mengucapkan Bismillah, maka Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah pada sore ini saya resmikan,” tutur Menag.

Sebelumnya, Rektor UIN Raden Fatah Palembang HM Sirozi melaporkan bahwa dalam satu tahun kepemimpinbannya, dia telah mengambil sejumlah langkah pengembangan, antara lain: membuka fakultas dan program studi baru yang relevan dengan kebutuhan.

“Kami telah membuka 16 prodi dan 3 fakultas baru. Saat ini sedang membuka beberapa prodi baru lainnya dan fakultas kedokteran,” ujarnya.

“Meski baru, tiga fakultas ini memiliki mahasiswa cukup banyak,” sambungnya.

Menurut Sirozi, pembukaan tiga fakultas baru ini menjadi tahapan penting perkembangan UIN. Saat ini, UIN Raden Fatah memiliki 9 Fakultas dan Program Pascasarjana. Total ada 19 ribu mahasiswa yang tersebar di 35 prodi S1, enam prodi S2, dan dua prodi S3.

Kepada Menag, Sirozi mengaku kalau kondisi kampus A yang berada di Jalan Sudirman sudah terlalu padat. Untuk itu, pihaknya merencanakan untuk melakukan pengembangan pembangunan kampus B di kawasan Jakabaring.

“Mohon dukungan Menag agar pembangunan kampus B di Jakabaring yang lahannya disediakan Gubernur dan pembangunan dari IDB dapat segera dimulai agar pelayanan pendidikan lebih nyaman dan berkualitas,” harapnya. (kemenag/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *