Lukman Hakim Saifuddin Buka Festival Utsawa Dharmagita

Palembang – inionline.id

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Festival Nyanyian Suci Keagamaan Hindu. Festival ini dikenal dengan istilah Utsawa Dharmagita.

Pembukaan gelaran kali ketiga belas ini diselenggarakan di Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan. Hadir dalam pembukaan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, perwakilan Pangdam dan Polri, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia, serta para Kepala Kanwil Kemenag dan  kontingen dari 33 Provinsi.

“Kegiatan ini khas umat Hindu Indonesia. Mungkin tidak kita jumpai di negara lain. Umat Hindu tidak hanya membaca kitab suci dengan olah suara, tapi juga memperlombakan,” ujarnya di Palembang, Jumat (07/07).

Menag berharap, Utsawa Dharmagita ini dapat memotivasi umat Hindu untuk terus menghayati dan mendalami ajaran kitab sucinya. Menurutnya, orang tua terdahulu telah mengajarkan cara yang arif dan bijak dalam menjaga dan memelihara nilai nilai agama, yaitu memadukannya dengan seni budaya.

“Budaya menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan umat manusia, sebagaimana agama. Budaya juga ikut menata dan mengatur juga pedoman dalam menjalani kehidupan,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Hindu selaku Ketua Panitia I Wayan Budha melaporkan bahwa sejumlah kegiatan akan dilakukan dalam Utsawa Dharmagita, antara lain: Utsawa Sloka, Utsawa Kakawin, Dharmawacana, Nyanyian Agama Hindu, serta sarasehan untuk menentukan provinsi yang akan menjadi tuan rumah pada gelaran ke-14 tahun 2020.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Weda dalam memperkokoh karakter bangsa. Selain itu, menjalankan persepsi tentang Dharmagita, termasuk kearifan lokal dalam membangun peradaban dharma,” ujarnya.

Utsawa ini kali mengangkat tema “Wahana Penguatan Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan Ajaran Agama Hindu sebagai Wujud Revolusi Mental”. Menurut I Wayan Budha, Ustawa Dharmagita diikuti lebih dari 1500 asal adari 33 provinsi.

Ketua umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya berharap Utsawa dapat meningkatkan ketakwaan umat Hindu. Di hadapan para peserta, WIsnu Bawa mengingatkan pentingnya meningkatkan SDM umat Hindu.

“Tingkatkan SDM agar manusia Indonesia semakin cerdas dan mampu membangun negeri lebih baik,” harapnya.

“Selamat berlomba. Hormati yang menang, sayangi yang belum berhasil,” (kemenag/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *