Keluarga Mahasiswa Banten, Gelar Parade Puisi Bertajuk “From KMB With Love”

Antar Daerah157 views

Bogor-inionline.id-Puisi adalah karya sastra yang indah yang penuh dengan kompleksitas makna sesuai dengan isi pikiran penulisnya. Puisi memiliki manfaat juga sebagai ajang penguatan silaturahmi. Seperti hal perhatian kepada sastra puisi yang dituangkan oleh organisasi primordial/kedaerahan Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Bogor dengan bentuk acara Parade Puisi Bertajuk Bait-Bait Cinta dengan tema “From KMB With Love” di Taman Kencana Kota Bogor, Sabtu malam (13/05/ 2017) lalu.

Kegiatan parade puisi ini turut dihadiri serta ikut membacakan puisi, Achmad Ubaidillah selaku penyair puisi dan budayawan bogor asal Banten, Cendikiawan Muslim Indonesia yang telah membuat lebih dari seratus judul buku Dr. H. Sima Lc MA MBA, Ketua Fraksi Partai Gerindra Kota Bogor Jenal Mutaqin, Budayawan sekaligus Dosen Untirta Banten Nurul Hayat, senior KMB Bogor, mahasiswa Banten dari beberapa perguruan tinggi se-Bogor, organisasi ekstra maupun intra kampus serta komunitas lainnya.

Bentuk kegiatan ini diselenggarakan berupa pembacaan puisi serta beberapa lantunan lagu dengan dekorasi taman yang dibuat romantis sehingga diharapkan setiap lantuan puisi dapat meresap kepada jiwa peserta yang hadir.

Ketua pelaksana parade puisi, Muhammad Fikri Firdaus mengatakan parade puisi ini merupakan salah satu dari program kerja Bidang Seni Budaya dan Olahraga KMB Bogor. “Mahasiswa harus berbangga dengan karya sastra puisi, kita harus ikut andil dalam menjaga bahkan mengimplementasikan nilai-nilai positif yang terkadung didalamnya,” terang Fikri.

Hal Senada pun diungkapkan Ketua Umum KMB Bogor, Dasir Ibnu Asmad bahwa di era modern saat ini sastra puisi tidak banyak diperhatikan masyarakat khususnya generasi muda dan mahasiswa.

“Sastra puisi bukanlah hasil karya lamunan dan khayalan tanpa makna, Semua puisi (yang baik) berakar pada fakta, baik fakta sosial maupun fakta psikologis yang mempertebal tulisan kehidupan/peristiwa/makna yang sedang telah atau sedang terjadi,” ujar Dasir.

Di akhir kegiatan panitia mengajak masyarakat dan pemuda khusunya untuk bersama menghidupkan sastra puisi. Sampaikan pesan-pesan yang terkandung dalam makna puisi kepada Bogor, Indonesia, dunia dan alam semesta.

Pembina KMB Bogor, Sulhan mengapresiasi mengenai kegiatan parade puisi yang digelar teman teman mahasiswa Banten. Parade puisi ini merupakan ajang penguatan silaturahmi sesama mahasiswa asal Banten.

“Kegiatan ini bagus untuk ajang silaturahmi mahasiswa perantauan dan kegiatan ini memiliki nuansa kekeluargaan,” pungkas Sulhan yang juga kepala PD. Pasar Kota Bogor. (Har)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *