Jonathan Lolos Ke Babak 2 Setelah Kalahkan Anthony Di Malaysia Terbuka

Inionline.id, Kuching – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, lolos ke babak kedua Malaysia Terbuka Super Series Premier 2017. Jojo, sapaan akrab Jonatan, melaju setelah memenangi perang saudara melawan sesama wakil pelatnas PBSI Anthony Sinisuka Ginting pada babak pertama, Rabu (5/4/2017).

Dalam laga yang digelar di Stadium Perpaduan, Kuching, Sarawak, Jojo menang dua gim langsung atas Anthony dengan skor 21-17, 21-12. Jojo memenangi duel pertama melawan Anthony pada turnamen resmi BWF dalam waktu 33 menit.

“Kenapa dari semua pemain, saya harus bertemu Ginting? Pertama, kami sudah sering latihan bersama di pelatnas. Kami sudah sama-sama tahu kekuatan dan kelemahan masing-masing. Kedua, pemain pelatnas di sini kan cuma bertiga, saya, Ginting, dan Firman (Abdul Kholik). Kenapa saya harus ketemu teman sendiri?” kata Jonatan selepas laga seperti dikutip dari situs resmi PBSI.

“Ketiga, dia itu teman sekamar saya di pelatnas dan selama di kejuaraan ini juga sekamar dengan saya. Jadi, malam sebelum tanding kami sempat diam-diaman. Tadi di lapangan juga agak canggung kalau mau teriak saat dapat poin,” ujar Jonatan sambil tertawa.

“Shuttlecock yang dipakai memang agak aneh, tidak seperti biasanya karena kalau dipukul agak goyang. Mungkin itu yang membuat Ginting mati-mati terus. Selain itu, saya lebih siap, lebih sabar, dan pertahanan saya lebih baik daripada Ginting pada hari ini,” tutur Jonatan.

Pada babak kedua, Jojo akan menghadapi pemain Taiwan yang pada pekan lalu menjadi runner-up India Terbuka Super Series 2017, Chou Tien Chen. Chou menyingkirkan wakil Denmark, Hans-Kristian Vittinghus 22-20, 21-12, pada babak pertama.

Ranking BWF Jonatan Christie saat ini ada di bawah Chou Tien Chen. Jojo menempati peringkat 22, sedangkan Chou bercokol di posisi kesembilan.

Namun, Jojo unggul rekor pertemuan atas Chou. Dari dua kali berduel di turnamen resmi BWF, Jojo selalu menang.

Jojo menang 21-18, 21-19 pada pertemuan pertama di Indonesia Terbuka 2015. Pada duel kedua di babak pertama Malaysia Terbuka 2016, Jojo kembali mengalahkan Chou dengan 21-13, 12-21, 21-8.

Pada Malaysia Terbuka Super Series Premier 2016, Jonatan Christie yang merangkak dari babak kualifikasi membuat kejutan dengan melaju hingga semifinal. Langkah Jojo baru terhenti setelah takluk dari unggulan pertama asal China, Chen Long, 21-8, 19-21, 14-21. (an/bola)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *