by

Sebagai Balas Jasa Rumah Veteran TNI Bandung Barat di Renovasi

BANDUNG BARAT– Semenjak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI meruapakan merupakan bagian dari masyarakat. Bersama Rakyat TNI AD Kuat, Bersama TNI AD Rakyat Damai dan Sejahtera. Slogan itu bukan isapan jempol.

Bersama berdirinya bangsa ini, kiprah tentara dalam perjalanan sejarah sudah tak diragukan. Disana pula, ada sosok-sosok veteran yang dulunya ikut mengangkat senjata.Para vetaran tersebut telah nyata mempertaruhkan kehidupannya. Dulu, mereka berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah 72 tahun merdeka, para veteran itu tentunya sudah menjadi rakyat biasa. Sebagian besar diantara mereka sudah tiada, sebagian kecil lainnya tentu sudah renta.

Dan kali ini, asa disisa hidup para veteran itu kembali merekah. Rona bahagia, tawa renyah dengan gigi yang nyaris habis itu terlihat jelas dari Kakek Sadang (80), seorang veteran warga RT 03/02 Desa Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sadang tak mendapatkan firasat sebelumnya, apalagi mimpi mendapatkan ikan mas besar misalnya. Tapi kabar dan aksi dari para tentara aktif ini telah membuyarkan nostalgia dia dimasa lampau.

“Alhamdulillah rumah saya dibangun lebih baik. Semakin tenang saat hujan besar dan angin,” ucap Sadang dengan logat khas sunda, saat rumahnya mulai direnovasi, akhir pekan lalu.

Hingga 10 hari kedepan, rumahnya akan dibedah hampir 100 persen. Ia tentu bahagia karena rumahnya tidak reyot lagi. Sadang akan lebih tenang menjalani sisa hidup bersama istri, anak dan cucunya.

Selain Sadang, veteran lainnya di KBB yang mendapatkan program bedah rumah tersebut Makmur (80), warg RT 01/09 Desa/Kecamatan Cihampelas, dan Usep (78) warga Kampung Cicadas RT 01/03 Desa Mekarjaya Kecamatan Cihampelas KBB.

Ketiganya termasuk dalam data program bedah rumah untuk 12 unit anggota veteran diwilayah binaan Kodim 0609/Kabupaten Bandung. Program bedah rumah ini adalah hasil dari  kerjasama TNI AD dengan pihak PT KAI.

“Ketiganya (rumah Sadang, Makmur dan Usep) adalah bagian dari dua belas unit rumah tidak layak huni milik veteran. Tiga unit diantaranya berada di wilayah binaan Koramil 0915/Cililin,” beber Dandim 0609/Kab. Bandung Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan melalui Danramil 0915/Cililin Kapten Inf M. Erwin Madiaferry, saat ditemui di lokasi bedah rumah, Kamis (9/3).

Program ini, katanya, untuk meningkatkan kualitas hidup dan sejahtera bagi para anggota veteran yang telah memiliki jasa besar kepada bangsa dan negara dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Rumah para veteran tersebut, katanya, akan dibedah atau renovasi mulai hari Kamis (9/3) hingga 10 hari kedepan. Semuanya dikerjakan oleh anggota Koramil 0915/Cililin bersama masyarakat sekitarnya.

“Kegiatan bedah rumah ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kepada para veteran yang merupakan sesepuh TNI AD untuk memberikan peningkatan kualitas hidup dan kesehatan agar dapat hidup lebih layak lagi,” pungkasnya. (An/pojoksatu)