Inilah Dampaknya Jika Anda Malas Mengganti Celana Dalam

Kesehatan057 views

Inionline.id – Siapa bilang celana dalam dapat melindungi Anda sepenuhnya? Faktanya, pakaian lapis kedua ini bisa mendatangkan malapetaka bagi Anda yang kurang peka. Bagaimana bisa?

Secara garis besar, fungsi utama celana dalam adalah melindungi organ intim dari unsur berbahaya yang ada di dunia luar. Namun, jika Anda tidak tidak menggantinya secara rutin, maka ada bahaya yang bersiap menyerang Anda.

Apa saja bahaya yang mengintai di balik kebiasaan buruk ini? Berikut 3 di antaranya:

  1. Gatal dan kemerahan

    Sama dengan area lain di tubuh, kulit kemaluan juga mengalami regenerasi dan pengelupasan lapisan terluar dengan teratur. Tanpa disadari, sebagian kulit yang mengelupas tersebut akan menumpuk di celana dalam.

    Bila tidak diganti secara rutin, maka area segitiga kemaluan akan lembap, gatal, dan mudah iritasi. Bila dibiarkan, lama-kemalaan area tersebut akan menjadi kemerahan. Ini merupakan tanda bahwa lapisan kulit tersebut sudah mulai terganggu kesehatannya.

  2. Keputihan berbau

    Mengganti celana dalam hanya sehari sekali akan membuat daerah lipat paha dan kemaluan lebih lembap. Akibatnya, bakteri dan jamur lebih mudah untuk berkembang biak.

    Pada wanita, kondisi tersebut menyebabkan keputihan berbau dan sangat mengganggu. Sedangkan pada pria bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat hebat.

    Tak hanya itu, bila kemudian kumpulan bakteri juga ikut ‘menumpang’ di sana, maka kulit jadi mengelupas dan nyeri. Hal terburuk? Nanah yang tidak bisa dihindari lagi.

  3. Infeksi saluran kencing

    Infeksi akibat tidak mengganti celana dalam juga dapat menyebar ke saluran kencing. Dalam dunia medis, kejadian ini dikenal dengan sebutan ascending infection atau infeksi yang merayap naik ke saluran lebih atas, ke arah ginjal.

    Bagaimana mengenalinya? Gejala yang paling sering terjadi akibat hal ini adalah demam, nyeri, sering buang air kecil, dan rasa tidak lega setelah kencing.

Sekarang, Anda sudah tahu bahayanya, bukan? Karena itu, agar kejadian di atas tidak menimpa Anda, gantilah celana dalam setidaknya dua kali sehari. Tapi, apabila aktivitas menuntut Anda lebih banyak berkeringat, jangan malas untuk menggantinya lebih sering, ya! (an/klikdokter.com)