by

36 Tahun PDAM Tirta Kahuripaan Membangun Bogor

Cibinong – bogor.inionline.id – PDAM Tirta Kahuripan sebagai BUMD milik Pemerintah Kabupaten Bogor dari masa ke masa senantiasa berbenah diri dalam memberikan pelayanan prima dalam memproduksi dan mendistribusikan air minum bagi warga Kabupaten Bogor.

Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Hadi Mulya Asmat

Tiga puluh enam tahun sudah usia PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Selama itu pula Badan Usaha Milik Pemerintah Kabupaten Bogor ini hadir untuk mengabdi dan melayani masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih, yang mana merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar dari setiap individu ataupun masyarakat. PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor selama mengemban tugasnya selalu berusaha meningkatkan kinerja serta kualitas pelayanan kepada pelanggan secara berkesinambungan. Hal tersebut ditegaskan dalam hasil audit kinerja pada tahun 2015 yang dilakukan oleh BPKP bahwa PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mendapatkan nilai 71,83 yang berarti ber kinerja “Baik”. Di sisi lain, Perusahaan selalu tumbuh dan berkembang. Kondisi Perusahaan sampai dengan tahun 2016 dalam data unaudit, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor berhasil membukukan laba bersih sebesar lebih dari 44 milyar, dari pendapatan sebesar 222,5 milyar atau penjualan air sebanyak 44 juta m3. PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor telah melayani 25 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan layanan sesuai wilayah administratif sebesar 19,68% dan cakupan sesuai daerah pelayanan sebesar 26,20 % dengan jumlah pelanggan sebanyak 125.950 SL. Pencapaian ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen Perusahaan, mulai dari Bupati dan Pemerintah Daerah, DPRD Kabupaten Bogor, Direksi, Dewan Pengawas, Karyawan, Pelanggan dan elemen lain yang masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing.

PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor selain terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, juga terus berusaha memberikan nilai lebih bagi masyarakat atas eksistensinya. Bentuk tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan juga di implementasikan pada momen ulang tahun ini. Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan HUT PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dengan tema “Dengan Hari Jadi PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor ke 36, Kita Jaga Kelestarian Lingkungan Untuk Menyelamatkan Sumber Air Dalam Rangka Pengembangan Pelayanan Air Bersih Kepada Masyarakat”, tidak hanya bersifat seremonial belaka, tapi memberikan dampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat. Rangkaian kegiatan yang diadakan antara lain :

Pemungutan Sampah

Diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional tanggal 21 Februari 2017. Kegiatan pungut sampah yang telah kita laksanakan pada hari Jumat tanggal 24 Februari 2017 lalu, merupakan bentuk komitmen dari PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor untuk ambil bagian dalam aksi nyata terhadap isu persampahan.

Peringatan Hari Air Dunia

Adanya permasalahan air yang sedang dialami dunia ini telah mendorong dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian perlunya upaya bersama dari seluruh komponen bangsa dan bahkan dunia untuk bersama-sama memanfaatkan dan melestarikan sumber daya air secara berkelanjutan. PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, selain berkepentingan terhadap ketersediaan air dikarenakan faktor fungsi dan perannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupten Bogor, juga karena memiliki tanggung jawab moril terhadap peningkatan kesadaran dan kepedulian terhadap air bersih, khususnya di kalangan masyarakat Kabupaten Bogor. Untuk itu, dalam perayaan Hari Air Dunia ini diselenggarakan lomba menggambar di kalangan siswa TK dan SD dengan tujuan untuk memberikan edukasi serta kesadaran dan kepedulian sejak usia dini terhadap kelestarian air.

Peresmian Kantor Cabang Kedung Halang

Penggunaan kantor cabang yang dibagun secara bertahap tersebut kini sudah representatif untuk meningkatkan kinerja personil PDAM Tirta Kahuripan Cabang Kedung Halang dan juga sebagai bentuk apresiasi yang tinggi kepada pelanggan demi memudahkan pelayanan prima kepada masyarakat sekitarnya. Diharapkan dengan bangunan baru, PDAM Tirta Kahuripan Cabang Kedung Halang memaksimalkan pelayanan SL yang berjumlah 13.662.

Semoga momentum Hari Ulang Tahun PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang ke 36 ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk dapat menuju tingkat yang lebih tinggi dalam berbagai aspek serta kehadirannya semakin memberikan nilai lebih bagi masyarakat Kabupaten Bogor. (Sur)