by

Usai Euforia Pilkada, Jakarta Waspada Banjir

JAKARTA – Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat akan masuk ke putaran kedua berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei.
Kedua pendukung paslon tersebut menyambut dengan suka cita jagonya lolos ke putaran kedua. Mulai dari konvoi kendaraan bermotor maupun menyambangi markas tim pemenang paslon.
Namun, masyarakat diimbau jangan terlena dengan euforia pesta demokrasi Jakarta. Karena hujan deras di bagian hulu telah menyebabkan kenaikan tinggi muka air debit Sungai Ciliwung. Pukul 16.20 WIB tadi, tinggi muka air Sungai Ciliwung di Katulampa menyentuh 150 sentimeter sehingga masuk pada level Siaga II atau kritis kondisinya.

“Hujan deras di sekitar Depok dan bagian tengah Sungai Ciliwung masih berlangsung sehingga akan menambah debit Sungai Ciliwung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya, Rabu (15/2/2017).
Diperkirakan sembilan jam setelahnya atau pada Kamis 16 Februari 2017 pukul 01.20 WIB dini hari nanti, banjir akan tiba di pintu air Manggarai, Jakarta.
“Diprediksi banjir akan menggenangi permukiman di bantaran Sungai Ciliwung di Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu,” ujar Sutopo.
Pusdalops BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan peringatan dini tersebut kepada semua pihak. Masyarakat diimbau untuk waspada dan mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi banjir kiriman.
“Peralatan, surat-surat berharga dan perabotan rumah tangga hendaknya ditempatkan di tempat yang lebih aman agar tidak rusak terendam banjir,” sebutnya.
Katulampa Siaga 2 ini adalah kejadian yang pertama selama musim penghujan 2016/2017 sehingga berpotensi banjir.
Kronologi kenaikan tinggi muka air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa yang dipantau Pusdalops BPBD DKI Jakarta sebagai berikut:
Pukul 13.00 WIB, TMA 70 cm (siaga 4/Aman).
Pukul 14.00 WIB, TMA 80 cm (siaga 3/Aman).
Pukul 15.00 WIB, TMA 80 cm (siaga 3/Waspada).
Pukul 16.00 WIB, TMA 140 cm (siaga 3/Waspada).
Pukul 16.20 WIB, TMA 150 cm (siaga 2/Kritis).
Pukul 17.00 WIB, TMA 170 cm (siaga 2/Kritis).
Sumber : okezone