by

Tekuk Tuan Rumah Atletico Madrid 1-2, Peluang Barca ke Final Mulus

SPANYOL– Barcelona berpualuang besar mempertahankan gelar juara bertahan Copa del Rey musim ini. Pasalnya langkah ke final sepertinya akan mulus setelah pada leg pertama mampu mengalahkan Atletico Madrid 2-1 di kandanganya Vicente Calderón, Madrid, Kamis (2/1/2017) dinihari WIB.
Leg kedua akan digelar pekan depan di Camp Nou markas Barcelona. Seri atau kalah 1-0 saja Blaugrana sudah lolos ke final. Dan sepertinya hanya kejaiban yang bisa membuat Atleico membalikkan keadaan.
Atletico takluk seperti diprediksi pelatihnya Simeone. Suarez dan Messi yang mampu mengandaskan tuan rumahnya dengan masing-masing satu golnya. Sedangkan gol balasan Atletico lahir sundulan Griezmann pada menit ke-59.
Sepertinya gol cepat tim tamu membuat pemain-pemain Atletico kaget. Laga baru berjalan tujuh menit, Barcelona mampu membuka keunggulan. Berawal ketika Javier Mascherano merebut bola dari lawan, sang gelandang mengirimkan umpan kepada Luis Suarez. Hampir dari setengah lapangan Suarez membawa bola dengan melewati beberapa pemain sebelum membobol gawang Miguel Angel Moya.
Gol tandang ini tentu membuat penggawa Barcelona lebih nyaman. Menit ke-25, Neymar dengan penguasaan bola dari sisi kiri berusaha melakukan tusukan yang kemudian diakhiri dengan tembakan kaki kanan, namun bola bisa diamankan kiper Atletico.
Meski hanya tim tamu, permainan tetap dikuasi Barcelona. Dan gol kedua tercipta pada menit ke-33. Lionel Messi mencatatkan namanya di papan skor setelah meneruskan umpan terobosan Ivan Rakitic dengan tendangan terukur kaki kanan dari luar kotak penalti yang sukar dibendung.
Hingga laga memasuki turun minum, Barcelona tetap mempertahankan keunggulan mereka.
Diego Simeone langsung melakukan perubahan taktik di awal babak kedua dengan memasukkan Fernando Torres untuk menggantikan Sime Vrsaljko. Lima menit menginjakkan kaki di lapangan, Torres langsung menebar ancaman yang memaksa Jordi Alba untuk menutup ruang tembaknya.
Perjuangan keras Atletico untuk menipiskan skor membuahkan hasil pada menit ke-59. Eksekusi tendangan bebas Gabi mengarah ke posisi Diego Godin dan sang bek kemudian memberikan umpan sundulan ke tengah yang lantas disambar Antoine Griezmann.
Griezmann bisa saja menyamakan kedudukan tiga menit setelah memecah kebuntuan Atletico di laga ini, hanya saja kesempatan yang didapatnya lewat tembakan jarak dekat berhasil dimentahkan secara gemilang oleh Jasper Cillesen.
Di sisa waktu babak kedua, Atletico terus mengerahkan segala upaya mereka untuk bisa membuat skor menjadi seimbang. Akan tetapi hingga pertandingan berakhir, sederet peluang yang didapat melalui aksi Griezmann hingga Torres tetap tak membuahkan hasil. (die)
Sumber : poskotanews