by

Rumah Walikota Kendari Diguncang Bom

KENDARI- Pagi tadi (9/2) sekitar pukul 07.30 kediaman pribadi Wali Kota Kendari Ir Asrun tiba tiba geger. Pasalnya ada bunyi menggelegar disertai serpihan seng dan kaca rumah yang berserakan.

Kondisi itu membuat penghuni rumah yang beralamat di Jalan Syeh Yusuf Kecamatan Korumba Mandonga, yang juga ditinggali oleh Calon Wali Kota Adriatma Dwi Putra itu keluar berhamburan.

Suasana kediaman walikota kendari

Para tetangga di sekitar juga mendengarkan bunyi ledakan yang begitu keras. Kabarnya, saat kejadian ada Adriatma Dwi Putra di dalam rumah. Namun, untuglah tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya beberapa bagian rumah mengalami kerusakan, keca rumah pecah, dan gerasi juga rusak.
Berselang 40 menit setelah kejadian aparat kepolisian dari Satuan Brimob dan penjinak bom Polda Sulawesi Tenggara melakukan sterilisasi di TKP. Garis polisi langsung dibentangkan di sekitar rumah.
Demikian juga Walikota Kendari, Ir Asrun langsung meluncur di tempat kejadian. Sejumlah pejabat dan kerabat juga telah ada di tempat kejadian perkara. Bahkan, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan Sekdanya, Sarif Sajang juga telah ada di TKP.

Suasana di Kediaman Walikota Kendari

Kronologi Kejadian
Pada hari Kamis tanggal 9 Februari 2017 sekitar jam 07.45 wita bertempat di rumah pribadi Bpk. Walikota Kendari DR. Ir. H. Asrun. M.Eng vJl. Syekh. Yusuf ll Kel. No. 17 Kel. Korumba Kec. Mandonga Kota Kendari telah terjadi kerusakan yang cukup parah akibat ledakan,
Adapun kronologis yaitu berdasarkan keterangan saksi al :

Kondisi bangunan rusak parah

1. Menurut keterangan Lel. Doni Hariyono, 34 tahun, Islam, Jawa, Honorer Dinas Kebersihan Kota Kendari, alamat Jl. Patimura No.4 Kel. Watulondo Kec. Puuwatu Kota Kendari. menjelaskan bahwa dirinya setiap hari bertugas di rumah pribadi Walikota Kendari mulai jam 07.00 wita s/d jam 15.00 wita.
2. sekitar jam 07.30 wita Lel. Doni Hariyono tiba di Rumah pribadi Walikota Kendari dan langsung melakukan pembersihan dan menyiram bunga di luar pagar dan tidak lama kemudian terdengar suara ledakan yang sangat keras berasal dari dalam rumah bpk. Walikota Kendari.
3. Menurut keterangan Lahada, Muna. 37 tahun , Muna, Honorer Pol. Pamong Praja Pemkot Kendari, alamat Jl. Manunggal Kel. Punggaloba Kec. Kendari Barat Kendari. Menerangkan bahwa waktu kejadian Lel. Lahada sedang tidur di Pos Penjagaan karena habis melaksanakan jaga malam dan terbangun setelah mendengar suara ledakan.
4. Sekitar jam 07.55 mendapat telephone dari Ajudan Walikota Kendari Aiptu Pracoyo bahwa rumah lediaman Bpk Walikota Kendari hancur akibat ledakan dan sekitar jam 08.00 wita Unit Intelmob mendatangi TKP & benar rumah kediaman Bpk Walikota Kendari hancur akibat ledakan, kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Bpk Dansat Brimob Polda Sultra mengenai kejadian tersebut.
5. Sekitar jam 09.00 wita dipimpin Bpk Dansat Brimob Polda Sultra bersama Unit Jibom tiba di TKP melaksanakan Sterilisasi, TPTKP, Pam Area oleh Unit Gegana.

catatan .
1. Saat kejadian Calon Walikota Kendari Adriatma Dwi Putra bersama Istri dR. Siska sedang berada di lantai 2 rumah tersebut.
2. Akibat kejadian tersebut tembok dinding rumah bagian belakang terbelah besar, beberapa kaca jendela rumah dan Pos jaga mengalami pecah & beberapa perabot rumah tangga serta pintu garasi mengalami kerusakan yg cukup parah.
3. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut namun kerugian meterill belum dapat ditaksir.
Sumber : Polres Kendari/Kendaripos