Real Madrid Susah Payah Tekuk Osasuna 3-1

SPANYOL- Dengan susah payah Real Madrid membekuk Osasuna 3-1 dalam lanjutan Liga Spanyol yang digelar di Estadio El Sadar, Pamplona, Minggu (12/2/2017) dinihari WIB.
Ketiga gol Madrid diciptakan oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-24, Isco menit ke-62 dan Lucas Vázquez pada masa injury time babak kedua. Sedangkan gol balasan Osasuna diciptakan oleh Sergio Leon pada menit ke-33.
Dengan hasil ini Madrid hanya beberapa jam memberikan kesempatan kepada Barcelona duduk di peringat pertama klasemen sementara. Los Blancos kembali ke puncak dengan mengoleksi 49 poin berselisih satu dengan Barcelona.
Bahkan posisi Madrid bisa semakin menjauh dari musuh bebuyutannya itu jika diduga laga sisa mampu mengalahkan Villarreal dan Celta Vigo. Madrid baru berlaga 20 kali sedangkan Barca sudah 22 kali.
Berangkat ke kandang Osasuna dengan target menang, Zidane sang pelatih langsung menurunkan pemain terbaiknya.
Dan itu dibuktikan ketika Cristiano Ronaldo berhasil membuka keunggulan untuk Real Madrid lewat golnya saat laga memasuki menit ke-24. Bintang asal Portugal itu melepaskan tendangan keras yang tak mampu dibendung kiper Osasuna asal Italia Salvatore Sirigu setelah mendapatkan umpat terobosan dari Karim Benzema.
Meski Osasuna merupakan tim juru kunci di klasemen sementara La Liga, mereka mampu menyulitkan sang pemuncak klasemen. Beberapa kali serangan balik yang mereka lakukan membuat pertahanan Los Blancos kerepotan. Kiper Madrd Keylor Navas harus melakukan beberapa penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawangnya.
Tim asuhan Petar Vasiljevi itu bahkan berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Sergio Leon pada menit ke-33. Kelengahan bek Madrid dalam mengantisipasi umpan lambung membuat penyerang Osasuna tersebut berada di situasi satu lawan satu dengan kiper Madrid Navas, dengan tenang ia pun mampu memperdaya kiper Kosta Rika tersebut. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.
Memasuki babak keduam Real Madrid kembali megang kendali permainan. Pada menit ke-62 kembali unggul lewat tendangan Isco. Berawal dari upaya Benzema melewati pemain Osasuna di kotak penalti, bola kemudian sempat mengenai bek tim tuan rumah sebelum bola liar disambut Isco lewat tendangan kerasnya.
Tim asuhan Zinedine Zidane kemudian memastikan kemenangannya lewat gol yang tercipta di injury time babak kedua lewat aksi Lucas Vazquez.
Vazquez masuk menggantikan Benzema saat laga memasuki menit ke-72, pemain Spanyol itu kemudian berhasil mencetak gol saat laga telah memasuki menit 90+3′. Menerima umpan dari Marcelo, Vazquez berhasil menembus kotak penalti Osasuna dan melakukan penyelesaian akhir dengan tenang.
Sementara itu di laga sebelumnya Athletic Bilbao berhasil menang dramatis dengan skor tipis 2-1 atas Deportivo La Coruna.
Bermain sebagai tim tuan rumah Athletic justru tertinggal lebih dahulu lewat gol gelandang Deportivo Emre Colak pada menit ke-42. Kedudukan 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.
Di babak kedua Athletic mampu bangkit. Saat laga memasuki menit ke-71, Iker Munian berhasil membawa timnya menyamakan kedudukan.
Keajaiban pun tercipta saat laga telah memasuki menit ke-89. Penyerang veteran andalan Athletic Aritz Aduriz menjadi pahlawan setelah berhasil mencetak gol kemenangan lewat tendangan dari sudut yang cukup sulit setelah mendapat umpan dari Markel Susaeta.

(pri/poskotanews)