by

Presiden Jokowi Cari Lahan di Tengah Kota Untuk Kantor PSSI

Sleman – Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah tengah mencari tanah dan lahan untuk dibangunkan kantor PSSI. Mantan Wali Kota Solo itu menginginkan kantor PSSI nantinya berada di tengah kota.

Hal itu diungkapkan Jokowi usai menyaksikan laga pembuka turnamen Piala Presiden 2017 antara PSS Sleman dan Persipura Jayapura yang berakhir imbang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/2).

Keinginan pemerintah membangun kantor untuk PSSI sudah diungkapkan dalam Rapat Terbatas (Ratas) soal percepatan pembangunan sepak bola nasional di Istana Negara belum lama ini.

“Kalau bisa di dalam kota, kalau tidak bisa di luar kota sedikit. Kami ingin PSSI yang mempunyai citra yang besar, kantornya bagus tapi kami ingin prestasinya juga bagus,” kata Jokowi.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Dia berharap kantor PSSI nantinya mudah dijangkau pengurus daerah dan tamu-tamu PSSI dari luar negeri.

“Karena Kami anggota besar FIFA. Kantor PSSI harus mampu mengendalikan tentang pelatihan-pelatihan mulai dari klub sampai tingkat daerah,” ucap Edy.
Ketika ditanya rekomendasi tempat yang pantas untuk kantor PSSI nantinya, Edy mengatakan seharusnya berada di pusat kota. Edy pun enggan mengomentari kantor PSSI yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Ketika masih dipimpin Ketua Umum Djohar Arifin Husin, PSSI menghabiskan dana hingga Rp13 miliar untuk merenovasi kantor yang berada di GBK pada Januari 2015.

“Itu dia, saya tidak tahu. Yang jelas (kantor di GBK) itu kontrak. Jadi, PSSI tidak pernah punya kantor. Itu sekarang sedang dalam proses audit. Ada audit publik di situ,” tegas Edy.

Sementara itu terkait audit yang sedang dilakukan akuntan publik rekanan PSSI, dikatakan Sekjen Ade Wellington sudah hampir selesai. Ade mengatakan audit yang dilakukan bukan hanya untuk kantor PSSI di GBK semata, tapi juga seluruh pengeluaran PSSI
Soal target berdirinya kantor PSSI, Ade mengutip hasil Ratas bersama Presiden Jokowi bahwa harus secepatnya PSSI punya kantor sendiri. Pastinya, pemerintah ingin memberikan bantuan untuk berdirinya kantor PSSI tersebut.

“Yang jelas kami sudah diberikan arahan dan petunjuk, pemerintah yang akan membangun kantor untuk PSSI,” ucap Ade. (Pri/CNN)