by

Paslon Saling Klaim Menang, Kapolda Banten Minta Semua Tahan Diri

SERANG – Selisih tipis pada penghitungan suara cepat menjadikan suasana Pilkada Banten paska pemilihan menjadi hangat.
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim – Andika Hazrumy mengkalim menang berdasar pada perhitungan cepat yang ditayangkan sejumlah stasiun televisi nasional, sedangkan pasangan Rano Karno – Embay Mulya Syarif mengklaim menang melalui perhitungan sementara KPUD Banten.
Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo meminta semua pihak untuk menahan diri agar tidak menjadikan hasil hitung cepat sebagai acuan kemenangan. Kapolda meminta semua pihak berpihak menunggu hasil penghitungan manual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten.
“Terkait survei telah sama-sama kita saksikan hasil quick count dengan selisih yang sangat kecil yakni 0,6 persen,” kata Kapolda kepada wartawan.
Kapolda berharap hasil hitung cepat tidak menjadi acuan tetap. “Oleh karena itu kita harapkan tidak menjadi acuan tetap karena memang dari semua lembaga survei, tidak ada yang berani menyatakan menjadi pemenang,” kata Kapolda.
Oleh sebab itu, Kapolda meminta agar bersama menunggu hasil real count yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan.
“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar melakukan aktivitas seperti biasa. Kemudian kepada Timses juga bersama-sama saling mengawasi sampai proses penghitungan selesai,” terangnya.
Saat ini, lanjut Kapolda, kotak suara dan surat suara sudah bergeser di tingkat PPK. Dan nanti rencananya akan dilaksanakan penghitungan di tingkat PPK pada tanggal 16-22 Februari 2017. Di tingkat KPU kota dan kabupaten pada 22-24 Februari 2017. Dilanjutkan di KPU Provinsi Banten pada 26-27 Februari 2017.
Sementara itu, Danrem III/4 Maulana Yusuf Serang Kolonel Czi Ito Hediarto berharap semua pelaksanaan Pilkada berjalan lancar. Danrem mengatakan TNI dalam pilkada serentak bertugas membantu kepolisian. Ito berharap masyarakat Banten harus tetap menjaga kondusifitas.
“Saya akan membackup Polda sepenuhnya sampai proses pelantikan nanti. Mengajak masyarakat Banten untuk bersama-sama menjaga kondusivitas yang sudah terjaga,” harapnya. (Jun)

Sumber : poskotanews