MU Bungkam AS Saint-Étienne 3 Gol

INGGRIS- Manchester United mampu membungkam tamunya AS Saint-Étienne 3-0 dalam laga leg pertama babak ke-32 Liga UEFAdi Old Trafford, Manchester, Jumat (17/2/2017) dinihari WIB.
Ketiga gol tersebut diciptakan oleh Z. Ibrahimović pada menit ke-15, 75 dan 88. Dengan hasil ini separoh kaki Man United sudah di babak 16 besar. Pasalnya saat leg kedua di kandang lawan anak asuh Mourinho itu kalah 2-0 masih lolos.
Menghadapi tim dari Prancis itu sebetulnya United sempat agak gugup. Eric Bailly melakukan dua kesalahan dalam melakukan umpan di menit-menit awal, tapi beruntung Kevin Monnet-Paquet dan Henri Saivet tidak mampu memaksimalkan keadaan.
Namun sebagai tuan rumah akhirnya MU mendapatkan peluang pada menit kesembilan. Berawal dari serangan balik yang cepat, Ibra memberikan bola kepada Anthony Martial, yang kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari depan kotak penalti, namun bisa ditepis kiper Stephane Ruffier.
United akhirnya benar-benar unggul menit ke-15. Pelanggaran yang dilakukan pemain Etienne terhadap Ibra di depan kotak penalti memberikan hadian tendangan bebas untuk tuan rumah. Mantan pemain Paris Saint-Germain itu sendiri yang melakukan eksekusi. Tendangannya menyusur tanah dan membentur kaki salah seorang pagar hidup lawan sehingga arah bola berubah yang membuat Ruffier terkecoh.
Pada menit ke-30, Etienne mengancam lewat skema serangan balik yang cepat. Romain Hamouma mengirim umpan tarik kepada Saivet di depan kotak penalti, yang langsung melepaskan sebuah tembakan, namun hanya melebar.
Namun langsung dibalas Martial dengan melakukan pergerakan cepat dari tengah lapangan hingga memasuki kotak penalti Etienne, striker asal Prancis ini melepaskan tembakan dengan kaki kiri, namun bisa diblok Ruffier, sementara itu Ibra gagal menyambar bola rebound karena belum siap.
Vincent Pajot melakukan percobaan pada menit ke-37 dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun usaha itu tidak membahayakan gawang United yang dijaga Sergio Romero. Kedudukan babak pertama 1-0 untuk tuan rumah.
United langsung tancap gas di awal babak kedua. Pertandingan baru berjalan lima menit, Ibra sempat membobol gawang Etienne lagi, namun dianulir karena ia sudah berada dalam posisi off-side ketika menerima umpan dari Mata dengan sundulan kepala.
Babak kedua, Pogba beberapa kali mendapat peluang namun tidak ada yang berbuah gol. Sepeperti pada menit ke-63 Pogba kembali melakukan percobaan dengan tendangan dari jarak jauh, dengan kaki kirinya setelah memutari Jordan Veretout, sayang bola hanya menyamping tipis ke sisi kanan gawang.
Pogba nyaris saja mencetak gol lima menit kemudian. Memanfaatkan umpan tendangan bebas, sundulan pemain asal Prancis itu hanya menerpa mistar gawang.
Etienne membakas pada menit ke-73, melalui Nolan Roux, yang menerima umpan dari Ole Kristian Selnaes, namun setelah berhadapan satu lawan satu dengan Romero, tendangannya masih melayang di atas mistar gawang.
United kembali unggul pada menit ke-75. Berawal dari pergerakan Marcus Rasford, yang baru masuk lima menit menggantikan Mata, dengan menggiring bola ke kotak penalti dan mengirim umpan tarik tengah, sudah ada Ibra yang tinggal menceploskan bola dalam posisi yang bebas.
Ibra akhirnya mencetak hat-trick pada menit ke-88 setelah United mendapat hadiah penalti usai sang striker dijatuhkan Saivet di kotak terlarang. Ia mengecoh Ruffier dengan melayangkan tendangan ke pojok kanan bawah gawang. Hingga pertandingan berakhir, Etienne tetap gagal mencetak gol. (Al)

Sumber : poskotanews