by

Masih Banjir, Kinerja Pemprov DKI Dikeluhkan

Jakarta – Ketua RW 02, Juanda menyebutkan bahwa sejak sore tadi, warga mulai kewalahan membereskan bawang-barang akibat luapan air yang masuk dalam rumah.

“BPPD DKI sejak siang sudah mengumumkan ketinggian Bendung Katulampa sudah siaga tiga dengan posisi ketinggian 30 sentimeter. Tak lama kemudian, Ciliwung mulai meluap dan masuk ke perkampungan,” jelas dia.

Menurut Juanda, ada ratusan rumah di sejumlah RT yang terkena imbas banjir. Warga diimbau untuk siaga satu menyusul kemungkinan air makin tinggi di malam hari.

Pemerintah, jelas Juanda, belum memberikan solusi konkrit terhadap banjir di kawasan ini. Iming-iming normalisasi Kali Ciliwung pun sampai saat ini belum terlaksana.

Padahal, warga sudah menyerahkan data beserta surat-surat kepemilikan rumah kepada Pemkot Administrasi Jakarta Timur untuk dilakukan verifikasi terkait penggantian ganti rugi lahan sejak lama.

“Ada 80 dokumen yang kami kasih ke BPN Jaktim untuk bangunan yang terdampak normalisasi. Tetapi sampai saat ini belum ada kabar,” jelas Juanda.

Sejumlah bantuan dari Sudinsos Jakarta Timur mulai berdatangan pada Minggu petang, di antaranya beras, mi instan, makanan kaleng, seragam sekolah, tenda, matras, dan sejumlah kebutuhan lain. (pri/rmol)