Kapal Perang AS Siaga Pantai Yaman

Kapal perusak Amerika USS Cole hari Jumat (3/2) tiba di kawasan pantai Yaman untuk melindungi perairan internasional dari milisi Houthi yang bersekutu dengan Iran, kata seorang pejabat Departemen Pertahanan Amerika yang tidak mau disebut namanya kepada VOA.
USS Cole berada di sekitar selat Bab al-Mandab di lepas pantai Yaman barat daya melakukan ‘operasi kehadiran’ yang mencakup mengawal dan membantu kapal-kapal yang melayari selat itu.
USS Cole mempunyai persenjataan anti-permukaan dan anti-udara sehingga dapat menggempur sasaran jauh. Namun, sejak tiba di sana kapal itu belum menembak ke dalam wilayah Yaman.
Militer Amerika memang sedang menggarap rencana untuk menugaskan satu kapal penjelajah atau kapal perusak di selat Bab al-Mandab dalam waktu dekat. Namun penugasan itu dipercepat akibat serangan bunuh diri pemberontak Houthi terhadap kapal frigate Arab Saudi di Laut Merah hari Senin (30/1) yang menewaskan dua awak kapal.
Dua kapal pendarat amfibi Amerika USS Comstock dan USS Makin Island berada di Teluk Aden tidak jauh dari Yaman. (Ald/VOA)