by

Ini Peeluang Anis – Sandi Raih Suara Agus – Silvi

JAKARTA – Perebutan kursi DKI 1 periode 2017-2022 diprediksi berlangsung dua putaran lantaran perolehan suara tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur belum ada yang melebihi 50%, seperti pada pemilihan lima tahun silam.

Pertarungan pun akan semakin sengit.
Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan yang akan masuk ke putaran kedua yakni, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Sedangkan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dipastikan tersingkir.
Pengamat Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Chaniago mengatakan, suara pemilih Agus-Sylvi yang mayoritas ada anak muda dan umat Islam akan menjadi rebutan dua pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Namun, menurut Pangi, yang paling terbuka merebut suara tersebut adalah Anies-Sandi.
“Basis Agus adalah anak anak muda dan pemilih basis muslim juga. Saya kira Anies punya potensi bisa mengambil intuisi itu. Sehingga bisa memompa elektoral Anies-Sandi,” kata Pangi kepada Okezone, Kamis (16/2/2017).
Secara otomatis, jelas Pangi, perolehan suara pasangan yang diusung Partai Gerindra dan PKS itu akan melonjak signifikan. Tak menutup kemungkinan, pasangan dengan nomor urut tiga itu bisa merebut kursi kepemimpinan Ibu Kota dari tangan Ahok-Djarot.
“Yang bisa mengambil ceruk potensial suara Agus maka akan naik bobot elektoralnya,” tandasnya.
Seperti diketahui, selama masa kampanye kemarin, kedua pasangan tersebut menampilkan “kemesrahannya”. Agus-Sylvi dan Anies-Sandi sama-sama mengedepankan untuk mengambil suara umat Islam. Bahkan kedua pasangan itu hadir dalam Aksi 112.
Sumber : okezone