by

Tujuh Pemicu Diabetes Tipe 2

Jumat, 13 Januari 2017
Inibogor.id – Diabetes telah menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia. Sekitar 150 juta penduduk di seluruh dunia menderita penyakit yang kemudian memicu komplikasi penyakit lain, seperti jantung dan stroke.

Menurut sebuah penelitian berskala internasional, jika belum ada pengobatan yang tepat, jumlah penderita diabetes akan meningkat 50 persen pada 2025.

Sebagian besar penderita diabetes dengan diabetes tipe 2 didapat dari faktor keturunan maupun gaya hidup. Umumnya, diabetes tipe 2 terjadi akibat kelenjar pankreas tidak memproduksi kecukupan hormon insulin. Penyebab lainnya, tubuh tidak mengenali dan menggunakan insulin secara tepat.

Bahaya diabetes bisa mengintai siapa saja. Terlebih, dengan pergeseran gaya hidup yang menganut pola nutrisi kurang baik serta tidak aktif bergerak. Untuk itu, kenali faktor risiko diabetes tipe 2 berikut ini, dikutip dari laman Prevention.

Riwayat keluarga

Keturunan merupakan salah satu faktor risiko diabetes. Itulah sebabnya, mereka yang sudah memiliki keturunan diabetes wajib menjaga pola makan dan menghindari kebiasaan buruk.

Berat badan

Berat badan bertambah salah satunya dipengaruhi oleh lemak di tubuh. Semakin banyak lemak yang Anda miliki, semakin resisten tubuh terhadap insulin dan hormon leptin saat sedang dalam kondisi lapar.

Gaya hidup
Duduk dalam jangka waktu lama, dapat meningkatkan peluang mengidap diabetes. Hal ini diyakini karena otot-otot yang tidak bekerja dapat memicu diabetes terjadi.

Ras
Beberapa ras memang sangat rentan terhadap diabetes dibanding ras lainnya. Mereka yang rentan, salah satunya ras Asia, di mana terjadi peningkatan risiko diabetes pada tubuh.

Usia
Di usia 45 tahun, risiko berkembangnya diabetes menjadi lebih tinggi. Di usia ini, pola makan Anda cenderung tinggi gula namun bergerak sangat sedikit.

Kebiasaan di lingkungan
Tidak salah memang jika Anda cenderung mengalami gaya hidup kurang baik karena pengaruh lingkungan. Hal ini mampu memicu tubuh alami kelebihan berat badan yang berakhir pada perkembangan diabetes di tubuh. Kebiasaan buruk tersebut salah satunya mengonsumsi alkohol. Menurut sejumlah studi, alkohol justru mengandung banyak gula dan kalori.

Riwayat stroke
Ternyata, stroke memiliki kaitan erat dengan diabetes. Mereka yang sempat menderita stroke, secara otomatis akan memiliki risiko mengidap diabetes yang lebih tinggi. (AN)

Sumber : http://m.life.viva.co.id/news/read/870101-kenali-tujuh-pemicu-diabetes-tipe-2