by

Truk Tangki Meledak di Perbatasan Turki-Suriah, 48 Orang Tewas

Jakarta – Sebuah truk tangki diledakkan di pasar yang dekat dengan pengadilan di Azaz, Suriah. Sebanyak 48 orang meninggal dan puluhan lainnya mengalami luka pada peristiwa yang terjadi dekat dengan perbatasan Turki itu.

Serangan ini disebut sebagai serangan paling mematikan yang terjadi di kota yang terletak Provinsi Aleppo Utara itu. Sebelumnya wilayah ini secara rutin dilanda serangan bom yang menargetkan pemberontak dan warga sipil.

Organisasi Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk hak asasi manusia menyebut sedikitnya 14 orang pemberontak meninggal dalam serangan tersebut. Tetapi banyak juga dari mereka warga sipil yang ikut menjadi korban. Termasuk di antaranya 5 orang hakim dari berbagai faksi oposisi.

Kondisi korban jiwa dari kejadian tersebut sangat mengenaskan. Kepala Observatorium Suriah Rami Abdel mengatakan sulit untuk mengidentivikasi para korban. Hal ini karena jasad para korban dalam kondisi terbakar.

“Identifikasi korban meninggal itu terhambat oleh fakta, bahwa beberapa badan benar-benar terbakar dalam ledakan itu,” ujarnya.

Dalam sebuah video ditunjukan asap besar yang mengepul tinggi dari jalan dan bangunan yang porak poranda. Beberapa alat berat juga tampak membereskan puing-puing bangunan.

Ini merupakan serangan yang kesekian kalinya kepada wilayah Azaz menggunakan bom. Sebelumnya sebanyak 25 orang warga sipil dan pejuang oposisi tewas dalam sebuah ledakan mobil di markas para pemberontak

Para pemberontak menyebut ISIS berada di balik serangan itu. Ledakan ini terjadi di tengah gencatan senjata.

Sumber : https://m.detik.com/news/internasional/d-3390332/truk-tangki-meledak-di-perbatasan-turki-suriah-48-orang-tewas?_ga=1.118637325.588171387.1480310664