Tradisi Unik Jelang Imlek

Meski Tahun Baru Cina dimulai pada 28 Januari mendatang, tapi perayaannya sudah dimulai sehari sebelumnya tepatnya pada 27 Januari malam.

Menurut penanggalan Cina, 2017 adalah tahun ayam api. Mereka yang memiliki shio ayam antara lain yang lahir pada 2005, 1993, 1981, 1969 dan 1957. Menjelang perayaan imlek biasanya masyarakat Tionghoa melakukan persiapan yang menjadi tradisi turun temurun.

Berikut beberapa tradisi unik yang biasa dilakukan masyarakat Tionghoa menjelang Imlek dilansir laman SBS.

1. Bersih-bersih rumah
Masyarakat tionghoa biasanya akan berbenah jelang imlek. Beberapa kebiasaan yang dilakukan antara lain bersih-bersih rumah pada H-1 Imlek dengan harapan bisa membersihkan diri dari nasib yang buruk di tahun yang baru.

2. Menyiapkan makanan manis
Selain berbenah, masyarakat Tionghoa juga akan menyiapkan panganan manis sebelum tahun baru tiba. Mereka percaya para Dewa akan mengunjungi mereka sebelum pergantian tahun. Camilan manis dimaksudkan sebagai suguhan untuk mempermanis mulut dewa dan memastikan Anda akan diberi keberkahan di tahun yang baru.

3. Berkumpul dengan keluarga
Pada malam tahun baru atau H-1 Imlek, masyarakat Tionghoa biasanya akan berkumpul bersama keluarga. Mereka melakukan hal ini untuk bersatu menyambut tahun baru dengan harapan keluarga akan selaku dilindungi dan dihindarkan dari risiko perpecahan.

4. Menghias rumah dengan aksen merah
Mereka juga akan menghias rumah dengan aksen warna merah. Begitu pula dengan pakaian yang mereka kenakan biasanya akan didominasi dengan warna merah. Menurut kepercayaan mereka, warna merah merupakan simbol kemakmuran.

5. Tidak keramas
Menurut tradisi, masyarakat Tionghoa harus menghindari mencuci rambut mereka saat hari-hari pertama tahun baru. Melakukan hal ini diyakini dapat menyapu keberuntungan mereka di tahun yang baru. (AN)