Soal Pejabat MUI ke Israel, Ini Kata Wapres

Headline, Nasional057 views

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla belum mengetahui kabar soal pejabat Majelis Ulama Indonesia yang berkunjung ke Israel. Namun Kalla mengatakan, larangan berkunjung ke Israel hanya berlaku untuk pejabat pemerintahan.

“Soal MUI saya belum denger kabarnya, tuh. Tapi begini, kalau negara seperti Israel tidak punya hubungan diplomatik, yang tidak boleh berkunjung itu misalnya pejabat negara,” kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, 20 Januari 2017.

Pejabat MUI Istibsyaroh dikabarkan berkunjung ke Israel beberapa hari lalu bersama rombongan yang berjumlah tujuh orang. Kunjungan itu atas undangan pemerintah Israel. Mereka juga bertemu Presiden Israel Reuven Rivlin. Dalam foto pertemuan yang dilaukan pada Rabu, 18 Januari lalu itu, Istibsyaroh terlihat duduk berdampingan dengan Rivlin.

Menurut Kalla, setiap tahun orang Indonesia yang berkunjung ke Israel sangat banyak. Mereka berkunjung untuk tujuan ziarah ke Tanah Suci. Ziarah itu umumnya dilakukan umat Islam yang berkunjung ke Masjid Al-Aqso maupun umat Kristen yang berziarah ke Yerussalem.

Kalla mengatakan dia juga pernah berkunjung ke Israel untuk berziarah ke Masjid Al-Aqso. Demikian juga Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang pernah berkunjung ke Israel. Tapi kunjungan itu bukan dalam posisi pejabat negara. “Kalau bukan pejabat negara memang tidak dilarang. Tapi kunjungan MUI saya belum tahu,” kata Kalla. (Ald/Net)