by

Soal Kemanan Transportasi Laut DKI Jakarta, Ini Kata Menhub

Jakarta – Tak ingin musibah Kapal Motor (KM) Zahro Express terjadi lagi. Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi DKI mulai melakukan pembenahan, salah satunya dengan menggandeng PT Pelni dan PT ASDP.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, keterlibatan ASPD dan Pelni dalam melakukan pembebanan sistem transportasi laut khususnya di DKI Jakarta sangat diperlukan. Dengan pengalaman dan kelebihannya kedua perusahaan tersebut diharapkan mampu melakukan pembinaan terhadap pelayaran rakyat yang ada di Jakarta.
“Kami menugaskan kepada Pelni dan ASDP untuk membina pelayaran rakyat yang ada di sini yang selama ini disebut ojeg,”tuturnya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (10/1/2017).
Menurut Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini, para pelayaran rakyat atau biasa disebut ojek ini perlu untuk diayomi. Pasalnya, pekerjaan mereka menjadi mata pencaharian selama ini.
“Kita ingin Pelni dan ASDP membentuk suatu benchmark yang baru atas security, safety, dan level of service pada pelayaran rakyat. Mereka kita ayomi supaya bisa memberikan itu semua,”ujarnya.
Di samping itu, Budi Karya mengaku sudah menyiapkan sejumlah anggaran untuk menyubsidi pelayaran rakyat. Namun dirinya tidak menyebutkan berapa besarannya.
“Insya Allah (subsidi) ini bisa menampung tidak hanya hari-hari biasa tapi pada hari besar yang jumlahnya,”ujarnya. (Aldi)

Sumber : http://m.okezone.com/read/2017/01/10/320/1587425/menhub-transportasi-laut-dki-jakarta-perlu-perbaikan?utm_source=finance_bt