by

Setop Gunakan Produk Pengancam Kesehatan Ini di Tahun 2017

Produk yang paling dasar biasanya kita gunakan setiap hari, terus menerus hingga kita lupa bahwa sebagian dari produk tersebut memiliki bahan kimia yang berdampak bagi tubuh dan lingkungan.

Memasuki tahun baru, ada baiknya mengurangi penggunaan sejumlah produk berikut:
1. Pasta gigi
Bukan berarti Anda harus meninggalkan pasta gigi sama sekali atau berhenti menggosok gigi. Namun sebaiknya, Anda mulai jeli terhadap beberapa merek pasta gigi yang mengandungmicrobeads.
Microbeads merupakan butiran plastik kecil halus yang sebenarnya berguna mengangkat bakteri dan sel-sel kulit mati. Namun kandungan ini dapat mencemari biota laut.
Penggunaan microbeads juga telah dilarang di banyak negara. Namun kandungan ini masih sering ditemukan pada pasta gigi danexfoliating scrub.
2. Tisu basah
Penggunaan tisu basah untuk membersihkan tangan mungkin wajar, namun banyak orang yang menggunakannya untuk membasuh kelamin.

Tidak seperti kertas toilet, tisu basah tidak akan terurai meski dalam air. Hal ini karena tisu basah mengandung plastik. Yang ada, tisu basah akan menyebabkan penyumbatan di toilet ataupun selokan.
3. Sumpit kayu
Sumpit kayu mungkin terlihat alami cukup, tapi itu justru ini yang merupakan masalah. CNNmelaporkan, sumpit kayu merupakan hasil penebangan hutan terbesar di Asia. Empat juta pohon ditebang untuk membuat 57 juta pasang sumpit setiap tahun.
Tidak hanya itu, sumpit kayu juga diolah dengan bahan kimia yang diyakini menyebabkan gangguan pernapasan.(dew)

Sumber:http://m.liputan6.com/health/read/2690055/setop-gunakan-produk-pengancam-kesehatan-ini-di-tahun-2017?HouseAds&campaign=TipsIbuHamil_Health_MSTM