by

Misteri 24 Peti Hitam Raksasa di Dekat Piramida Mesir

KAIRO – Selama ini, para peneliti belum berhasil mengungkap rahasia dari 24 peti yang ditemukan di situs pemakaman Serapeum Saqqara, Mesir. Baru-baru ini, sekelompok peneliti mengklaim bahwa mereka tahu isi 24 kotak tersebut.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa peti tersebut digunakan untuk mengubur sapi Apis. Para peneliti percaya bahwa sapi-sapi tersebut dipuja dengan julukan Dewa Khaemweset. Diketahui, 3300 tahun lalu sapi Apis dipuja sebagai penjelmaan Dewa Ptah.
Peti-peti tersebut dibuat dengan material granit dengan bobot 100 ton per unitnya. Di setiap peti, terdapat tulisan hieroglif yang menggambarkan sejarah bangsa Mesir.


Menurut sejarahnya, 3300 tahun yang lalu putra Ramses II memerintahkan rakyatnya untuk membangun sebuah terowongan yang digali dari sebuah gunung. Pangeran juga memerintahkan pekerja untuk membangun peti berbobot 100 ton untuk setiap sapi Apis yang akan dikubur.

Sebagai informasi, situs Serapeum Saqqara ditemukan oleh arkeolog Prancis Auguste Mariette pada 1850. Ia harus menggunakan banyak bahan peledak untuk membangun jalan menuju situs. Demikian seperti dikutip dari Express, Selasa (3/1/2017).

Sumber : http://m.okezone.com/read/2017/01/02/56/1581483/misteri-24-peti-hitam-raksasa-di-dekat-piramida-mesir?utm_source=techno_hl