by

Manor Racing Akhirnya Gulung Tikar

BANBURY – Nasib tim Manor Racing tinggal menunggu waktu untuk gulung tikar. Tim balap Formula 1 asal Inggris sudah kolaps lantaran gagal mendapatkan investor baru.

Seperti diberitakan Sky sports, Jumat (27/1/2017), para pegawai di pabrik Banbury telah dipulangkan oleh administrator, FRP Advisory, hari ini lantaran tidak ada investor yang bersedia menyuntikkan dana. Kebanyakan dari mereka bakal dipulangkan pada tanggal 31 Januari mendatang.

Dipulangkannya para pegawai berarti Manor Racing bakal menutup proses pencarian investor yang sejak awal bulan telah difasilitasi FRP Advisory. Pasalnya, beberapa calon pembeli, termasuk konsorsium dari Asia tidak mencapai kata sepakat.

“Sangat disesalkan tim harus berhenti trading dan menutup pintu. Manor punya nama bagus di dunia balapan Inggris dan tim ini sudah meraih banyak hal selama dua tahun, kembali bergairah di bawah pemilik baru,” ucap penasehat FRP Geoff Rowley.

“Pengoperasian dan keberlangsungan tim balap F1 menuntut standar yang tinggi, tapi dibutuhkan investasi signifikan yang berkelanjutan. Just Racing Service Limited sudah masuk ke administrasi sejak awal Januari tak lama setelah kesempatan penjualan bisnis gagal di rintangan terakhir,”

“Proses administrasi yang disediakan moratorium memungkinkan upaya mengamankan solusi yang layak bagi tim dalam jangka waktu yang panjang. Tapi sayangnya tidak ada solusi yang bisa dicapai untuk memungkinkan bisnis bisa berjalan terus waktu yang sangat singkat,”

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua staf atas dukungan mereka dan profesionalismenya selama proses yang sulit ini,” tutup Rowley.

Jus Racing Service Ltd, perusahaan penggerak tim bakal tutup, tapi adik perusahaan yang memegang lisensi balap F1 di kejuaraan dunia, Manor Grand Prix Racing Ltd, tidak masuk dalam administrator.

Musim lalu, Manor Racing memang gagal bersinar kendati dapat sokongan dana. Diperkuat pembalap Indonesia Rio Haryanto dan driver asal Jerman Pascal Wehrlein, tim milik Stephen Fitzpatrick cuma meraih satu poin dalam kejuaraan dunia Formula 1 2016.

Sebelumnya diberitakan, Manor Racing sudah mendapat kemudahan dari otoritas balapan, FIA, untuk tampil di musim 2017 dengan menggunakan mobil lamanya. Hal itu diberikan untuk memberi tenggat waktu tambahan guna mencari investor baru. (Ald/Net)