Lima Pemancing Tenggelam di Waduk, Satu Meninggal Dunia

Headline, Nasional057 views

inionline.id, Brebes – Lima pemancing tenggelam di Waduk Malahayu, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes, Sabtu sore, 21 Januari 2017 sekitar pukul 16.00. Penyebabnya, perahu yang mereka tumpangi terbalik setelah diterpa hujan dan angin kencang.

Korban tenggelam ialah Agus Suseno, 44 tahun; Lengkir, 45 tahun; Ahmad, 48 tahun; Wiwin Wijanarko, 43 tahun dan Bambang Lesmana, 32 tahun. Mereka merupakan warga Malahayu. Awalnya, Agus dan kawan-kawan berangkat memancing sekitar pukul 08.30 WIB. Ketika hari sudah mulai sore, mereka berniat pulang. Saat perjalanan pulang itulah perahu yang mereka tumpangi oleng karena diterpa hujan dan angin kencang. “Perahu terbalik dan menenggalamkan semua penumpang,” kata Koordinator Tim SAR Adhe Dhanie.

Tak lama berselang, Casrim, pengemudi perahu wisata yang sedang membawa pengunjung, melihat sejumlah orang berteriak minta tolong di dekat perahu yang terbalik. Casrim dan sejumlah wisatawan langsung menolong mereka, tapi hanya empat orang yang berhasil diangkat. Satu korban, Bambang Lesmana, hilang di tengah waduk dengan kedalaman sekitar 10 meter itu.

Korban selamat langsung dibawa ke daratan dan mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Dera As Syifa. Peristiwa itu kemudian dilaporkan ke Polsek setempat. Sementara, Tim SAR, Polisi, dan dibantu warga sekitar melakukan pencarian terhadap Bambang. Namun hingga pukul 21.00 WIB, korba belum ditemukan. “Pencarian dihentikan sementara dan dilanjutkan pada Ahad pagi,” ujar Adhe.

Ahad, 22 Januari 2017, sekitar pukul 09.50 WIB, akhirnya Bambang ditemukan tak jauh dari lokasi kejadian dalam kondisi tidak bernyawa. Petugas langsung mengevakuasi jasad korban dan membawanya ke darat. Menurut warga, Bambang merupakan korban meninggal pertama pada 2017 ini di Waduk Malahayu. “Korban diduga tidak bisa berenang,” kata warga setempat, Sulastro, 25 tahun, yang ikut dalam pencarian.

Adhe mengimbau masyarakat sekitar waduk waspada. Sebab, kondisi cuaca  sedang tidak menentu dan bisa membahayakan perahu. Warga juga diimbau untuk berkoordinasi dengan petugas kepolisian dan Tim SAR jika hendak beraktivitas di waduk. “Yang paling penting memakai pengaman,” ujar Adhe (AN)

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/news/2017/01/22/058838697/lima-pemancing-tenggelam-di-waduk-satu-meninggal-dunia