by

Kopi dan Alkohol Penyebab Terjadinya Osteoporosis?

Selasa, 17 Januari 2017

Inionline.id, Jakarta -Osteroporosis umumnya dialami mereka yang berusia lanjut. Namun, tidak ada salahnya Anda menjaga pola makan Anda sedari dini. Pasalnya, beberapa makanan bisa memengaruhi kepadatan tulang Anda.

Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya Anda batasi untuk mencegah risiko terjadinya osteoporosis seperti dilansir laman Boldsky:

1. Terlalu banyak protein
Konsumsi terlalu banyak protein bisa menyebabkan produksi zat yang bernama sulfat. Zat ini bisa menyebabkan kalsium tidak terserap oleh tubuh.

2. Minuman berkafein
Penelitian tebraru menunjukkan konsumsi kopi terlalu banyak (4-5 cangkir per hari) meningkatkan risiko patah tulang. Minuman bersoda juga bisa memicu kehilangan massa tulang pada wanita.

3.Vitamin A dalam bentuk retinol
Vitamin A dalam bentuk retinol ini terdapat pada hati, kuning telur, produk olahan susu, dan suplemen. Konsumsi vitamin A lebih dari 3000 mg bisa meningkatkan risiko patah tulang pinggul.

4. Makanan kaya sodium
Sodium yang terdapat pada garam meja dan makanan olahan memicu ekskresi (pembuangan hasil metabolisme tubuh yang tidak dibutuhkan) kalsium melalui urin dan keringat.

5.Oxalate
Salah satu bentuk dari garam ini akan mencegah penyerapan kalsium pada tubuh, jika makanan yang dikonsumsi mengandung kalsium dan oxalate. Ubi merupakan contoh makanan yang mengandung oxalate.

6.Alkohol
Terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan memengaruhi penyerapan kalsium dan vitamin D pada tulang. (AN)

Sumber : https://gaya.tempo.co/read/news/2017/01/17/060836799/kopi-dan-alkohol-biang-keladi-osteoporosis