Kemensos Siapkan Trauma Healing untuk Korban Pulomas

Headline, Nasional057 views

Jakarta – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bagi kelima korban selamat peristiwa Pulomas dan sedang dirawat di rumah sakit disiapkan konselor untuk melakukan trauma healing dan trauma konseling.
“Salah satu tugas dari Kementerian Sosial adalah dalam menyiapkan konselor untuk trauma healing dan tramua konseling, termasuk bagi korban selamat peristiwa Pulomas, ” ujar Mensos di Jakarta, Sabtu (31/12/2016).
Untuk penanganan, kata Mensos, sudah terkomunikasikan dan sekarang ada dalam koordinasi rumah sakit. Sedangkan hasil asesmen psikososial terapi masih menunggu dan tidak bisa diinformasikan kepada publik.
Bagi korban yang berasal dari daerah, seperti Sukabumi, Banjarnegara dan Kebumen akan ditindaklanjuti oleh Kemensos, terutama dari tim sakti peksos di daerah, sebagai tindak lanjut dari hasil asesmen tersebut.
Mensos menambahkan, kelima korban peristiwa Pulomas tersebut mungkin masih memerlukan tiga hari lagi berada di rumah sakit karena ada beberapa treatment yang masih harus dilakukan terhadap mereka.
Tim Kemensos selalu siap jika nanti ada kebutuhan pendampingan psikososial terapi. Sebab, sisi psikososial terapi ini tidak bisa dideteksi secara medis saja.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/read/85389/kemensos-siapkan-trauma-healing-untuk-korban-pulomas/2017-01-01