Kapal dari Indonesia Karam di Malaysia, 9 Orang Tewas

Jakarta – Sebuah kapal yang membawa 40 pekerja imigran dari Indonesia karam di perairan Malaysia pada Senin (23/1). Setidaknya 9 orang tewas akibat insiden ini.

Diberitakan Reuters, Badan Aparat Maritim Malaysia (MMEA) sudah mengevakuasi 9 jasad yang terdiri dari enam perempuan dan tiga pria.

Otoritas setempat juga sudah menyelamatkan dua penumpang, sementara lebih dari 20 orang lainnya masih belum ditemukan.

Hingga kini, Kementerian Luar Negeri RI belum dapat dihubungi untuk mengonfirmasi status kewarganegaraan dari penumpang kapal ini.

MMEA mengatakan, insiden ini terjadi karena kapal kelebihan muatan. Selain itu, cuaca saat kapal berlayar juga sedang buruk.

Selama ini, kerap terjadi kecelakaan di perairan antara Indonesia dan Malaysia. Kecelakaan itu biasanya menimpa kapal kecil yang membawa banyak imigran pekerja di sejumlah pabrik Malaysia.

November lalu, puluhan orang tewas ketika sebuah kapal menabrak karang dan karam di Batam. Pada Januari 2016, kepolisian Malaysia mengevakuasi 17 jasad imigran ilegal yang kapalnya karam di perairan mereka.

Sumber : http://m.cnnindonesia.com/internasional/20170123183200-106-188371/kapal-dari-indonesia-karam-di-malaysia-9-orang-tewas/