Ini Tanggapan Sri Sultan Hamengkubuono X Tentang 3 Mahasiswa UII Tewas

Headline, Nasional057 views

Yogyakarta – Tewasnya 3 mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) dalam Latihan pendidikan dasar Mapala UII Yogyaka setelah mengikuti Diklatsar The Grand Camping (TGC) yang digelar Mapala UII, mendapat perhatian serius dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Sri Sultan Menekankan, kejadian tersebut tidak terulang. “Bagi dunia pendidikan kurang bagus. Mestinya itu bisa dihindari. Yang muda harus merasa dilindungi oleh yang senior. Bukan sebaliknya, yang muda manut yang senior sehingga kondisi lelah tetap dipaksa, ini yang menimbulkan masalah,” kata Sultan HB X di kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (24/1/2017).

Sultan mengatakan, sebelum melakukan kegiatan Diklatsar Mapala, sebaiknya dilakukan cek kesehatan kepada para peserta. Kondisi kesehatan peserta harus dicek setiap hari selama kegiatan karena tidak hanya menyangkut fisik, tetapi juga psikis.

Tiga mahasiswa UII, yakni Ilham Nurfadmi Listia Adi (20), Muhammad Fadli (19), dan Syaits Asyam (19), meninggal dunia setelah menggikuti kegiatan TGC di lereng selatan Gunung Lawu di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada 13-20 Januari 2017. (Ald/dtc)