by

Ganti Kebutuhan Kafein di Pagi Hari Dengan Olahraga

KAMIS, 12 JANUARI 2017 | 14:30 WIB
Jakarta – Para pencinta kopi mungkin memiliki slogan “tiada hari tanpa kopi”. Namun, tahukah Anda, batasan maksimal mengkonsumsi kafein per hari adalah hanya 300–400 miligram?

Jika mengkonsumsi kafein lebih dari itu, Anda akan mengalami insomnia, kecemasan, masalah pencernaan, serta peningkatan tekanan darah. Berikut ini cara mengatasi kecanduan kafein.

-Mengurangi jumlah kopi yang dikonsumsi atau mengurangi jumlah takaran (kadar kafein).
-Jika sulit menghilangkan kebiasaan meminum kopi di pagi hari, gantilah dengan teh hangat atau kopi decaf dengan kadar kafein yang lebih rendah.
-Mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan salad.
-Konsumsi kafein akan meningkat jika Anda mengkonsumsi daging, gula, makanan yang terbuat dari tepung terigu, biji-bijian, dan garam.
-Berolahraga minimal 15 menit per hari untuk mengganti kopi di pagi hari, karena kegiatan olahraga akan merangsang hormon endorfin dan meningkatkan sistem imun.
-Minumlah segelas air ketika Anda ingin mengkonsumsi kafein, dan cukupi kebutuhan air Anda agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Sebab, dehidrasi bisa memicu timbulnya rasa lelah yang mendorong Anda untuk mengkonsumsi kopi. (AN)

Sumber : https://m.tempo.co/read/news/2017/01/12/060835272/olahraga-bisa-ganti-kebutuhan-kafein-di-pagi-hari