by

Curi Poin di Depat Kedua, Ini Strategu 3 Pasang Cabup Cawabup DKI

Jakarta – inionline.id – Tiga pasang kandidat gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan menjalani sesi debat kedua pada Jumat (27/1) mendatang. Ketiganya adalah: Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno.

Debat kedua nanti akan mengusung tema ‘Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik serta Penataan Kawasan Perkotaan’. Ketiga calon gubernur sudah menyiapkan strategi tersendiri jelang debat.

Berikut strategi Agus, Ahok, dan Anies jelang debat kedua nanti, Seperti yang Dilangsir, detik.com
Agus Yudhoyono Siapkan Jawaban Soal Reklamasi

Calon gubernur nomor urut 1 Agus Yudhoyono mengaku sudah menyiapkan jawaban seputar isu reklamasi. Dia tak ingin secara gegabah berujar akan membatalkan ataupun melanjutkan proyek reklamasi.

“Saya sudah punya jawaban (soal reklamasi). Saya mempelajari apa yang menjadi isu terbesar dalam hal reklamasi di Jakarta, tentu akan saya jelaskan jika ada pertanyaan seperti itu,” ujar Agus saat bertemu warga di Jl Pembangunan III Dalam, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (24/1).

Agus yang maju bersama pilgub bersama Sylviana Murni ini mengaku punya sikap utuh terkait permasalahan reklamasi. Dia juga akan menjawab dengan pertimbangan dari berbagai aspek, mulai dari ekonomi hingga lingkungan hidup. Agus mengaku percaya diri menghadapi debat nanti.

“Yang jelas kami punya sikap yang utuh terhadap masalah di utara Jakarta tersebut. Banyak aspek yang kita pertimbangkan, aspek hukum, lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan sebagainya. Itu yang akan menjadi pertimbangan utuh jika saya menjadi gubernur,” paparnya.

Ahok: Kita Siapkan Data-data

Calon gubernur nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama, mengaku sudah menyiapkan data-data untuk menjawab setiap pertanyaan yang akan diajukan dalam debat nanti. Pria yang akrab disapa Ahok ini mengatakan, dia tinggal menjelaskan apa saja yang sudah dia dan pasangannya Djarot Saiful Hidayat siapkan.

“Kita siapkan saja data-data, kan kami sudah kerjakan. Mungkin belum sempurna, belum selesai,” kata Ahok seusai menghadiri acara ulang tahun ke-70 Megawati Soekarnoputri di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Senin (23/1).

Cagub petahana itu meminta kepada masyarakat untuk percaya dan memberikan izin kepadanya dan Djarot untuk melanjutkan perjuangan dalam membangun Jakarta. Dia pun berharap pasangan calon lain memberikan ide-ide yang nantinya bisa ia dan Djarot gunakan dalam membangun Jakarta.

“Ya, kita akan sampaikan kepada masyarakat, kalau percaya sama kami, ya izinkan kami untuk menyelesaikannya. Kalau percaya kepada kami, kita harapkan pasangan calon lain yang punya ide-ide, mereka juga bisa bantu kami,” ujarnya.

Anies-Sandiaga Berguru dengan Prabowo

Ketua Umum partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku siap menjadi coach pribadi Cagub-Cawagub Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam debat kandidat putaran kedua. Dia menyampaikan hal itu saat Anies tengah memaparkan persiapannya menyambut debat kedua.

“Sebetulnya begini, persiapan debat itu sepanjang karir. Debat tidak bisa dipelajari sejam dua jam. Itu sepanjang perjalanannya itulah pelatihan debatnya. Kalau ada yang melakukan pembelajaran, berarti dia belum siap jadi calon. Karena kalau siap ya dengan sendirinya,” Kata Anies di kediaman Prabowo, Bojongkoneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/1).

Anies terus menjelaskan apa saja yang akan dirinya dan pasangannya, Sandiaga Uno, siapkan untuk mengikuti debat. Di antaranya memperbarui data dan informasi.

“Tapi kalau debatnya sendiri, saya dan Bang Sandi kita membayangkannya seperti bermain bulu tangkis ganda. Kalau ganda itu ya kadang-kadang harus satu di depan satu di belakang, satu di samping satu di kanan, gitu jadi sudah saling mengcover,” tutur Anies. (ald.dtc)