by

Antusias, Ribuan Warga Jember Ikuti Ngonthel Bereng Menag

Jember – inionline.id – Ada yang berbeda hari ini, Sabtu (14/01), di IAIN Jember. Ribuan masyarakat Jember dan sekitarnya memadati halaman IAIN Jember untuk mengikuti Fun Bike dengan tajuk ‘Ngonthel Bareng Menag’.
Gelaran yang diinisiasi IAIN Jember ini diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-71. Fun Bike mengambil start di depan kampus IAIN Jember pada pukul 06.30 WIB dengan rute sejauh 23 km.
Gelaran Fun Bike ini diawali dengan sambutan dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rektor IAIN Jember, serta tokoh-tokoh agama dari forum kerukunan beragama di Jember.
Menag mengaku bersyukur dapat melaksanakan acara tasyakur HAB bersama masyarakat Jember. Dia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para tokoh-tokoh agama, di Jember khususnya, yang tetap istiqamah dalam menjaga kerukunan umat beragama. Tak lupa, Menag menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Kota Jember atas dukungannya dalam penyelenggaraan kegiatan fun bike ini.
Didampingi Rektor IAIN Jember Babun Suharto beserta para Rektor serta Pejabat Eselon I dan II Kemenag, Menag Lukman turut serta Ngonthel Bareng masyarakat Jember dan sekitarnya. Menag dan rombongan fun bike mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat di sepanjang jalan Kota Jember.
Persyaratan yang cukup mudah membuat peserta kegiatan Fun Bike ini membludak. Peserta cukup memberikan fotokopi KTP atau kartu pelajar untuk bisa berpartisipasi dan Ngonthel Bareng Menag.
Selain civitas akademika IAIN dan masyarakat Jember, kegiatan yang merupakan puncak peringatan HAB ke-71 Kemenag ini juga diikuti masyarakat Nganjuk, Kediri, Sidoarjo, Malang, Probolinggo, Bali, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Peserta yang mengikuti kegiatan fun bike ini berasal dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, pelajar, tukang ojek, TNI, karyawan swasta, juga dari berbagai klub pecinta sepeda ontel di Jember dan sekitarnya.
Hartono (41), seorang anggota TNI AD Babinsa Kali Wates yang bertugas di Kodim 0824 Jember menjadi salah satu peserta yang menyedot perhatian karena menaiki sepeda ontel unik yang terbuat dari bambu. Pria yang aktif di klub sepeda ontel “ontelist” Kediri ini berharap agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan lagi agar bisa mempererat tali silaturahmi sehingga dapat membina kerukunan antarumat beragama khususnya di Jember.
Kemeriahan semakin bertambah karena panitia juga menyiapkan sejumlah hadiah, antara lain : 1 paket umrah gratis, 4 unit sepeda motor, 50 unit sepeda gunung, 3 unit kulkas, televisi, kipas angin dan puluhan door prize lainnya.
Bahkan, sepeda yang digunakan Menag dalam kegiatan ini juga turut diundi dan dapat dibawa pulang oleh pemenangnya. Suasa jelang siang bertambah meriah seiring alunan musik gambus Balasyik yang dimainkan seusai Ngonthel Bereng Menag. (Aldi/Kemenag)