by

3 Jenis Kanker Yang Jarang Sekali Menunjukkan Gejala Awalnya

Selasa, 17 Januari 2017
Merdeka.com – Tak cukup fakta bahwa kanker adalah penyakit yang menakutkan, ada fakta lain yang sama seriusnya dengan hal tersebut. Penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis kanker yang tidak menunjukkan gejala awal sehingga akan sangat sulit untuk mendeteksi atau mengobatinya.

Apa saja jenis penyakit kanker yang gejala awalnya samar-samar atau tidak terlihat? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

Kanker prostat
Kanker prostat merupakan jenis kanker yang menyerang kelenjar prostat pada pria dan menjadi jenis kanker yang umum mengenai pria di atas usia 50 tahun. Kanker prostat bisa membahayakan dan menyerang nyawa karena tidak menunjukkan gejala sejak awal hingga akhirnya merusak kesehatan tulang yang kemudian menyebabkan banyak komplikasi.

Kanker usus besar
Pada awalnya, kanker usus besar tidak menunjukkan gejala apapun. Hal ini diperparah dengan beberapa tanda seperti sakit perut, infeksi usus, atau sakit lambung yang banyak diabaikan oleh penderitanya.

Kanker testis
Selain kanker prostat, kanker testis juga termasuk ke dalam silent killer karena tidak menunjukkan gejala berbahaya di awalnya. Meskipun jenis kanker ini bisa disembuhkan, namun jika tidak terdeteksi sejak awal bisa mengakibatkan komplikasi di beberapa bagian tubuh.

Tubuh seringkali mengirimkan sinyal untuk memberitahu bahwa ada beberapa hal tidak beres yang sedang terjadi. Oleh karena itu perhatikan kesehatan tubuhmu dengan seksama sehingga jika kamu merasakan gejala penyakit tertentu, kamu bisa langsung mengobatinya. (AN)

Sumber : https://m.merdeka.com/sehat/3-jenis-kanker-ini-jarang-sekali-menunjukkan-gejala-awalnya.html