by

17 KUA di Jawa Timur Diresmikan Kemenag

Jember – inionline.id -Kementerian Agama kembali meresmikan 17 Kantor Urusan Agama (KUA), 17 KUA tersebut berada di Provinsi Jawa Timur. Tahun 2016 ada 19 KUA yang telah diresmikan, dan pada tahun 2017 direncanakan tidak kurang 25 kantor KUA baru di Jawa Timur dengan sumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).
Peresmian dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian 17 KUA Provinsi Jawa Timur, Jumat (13/1). Selain 17 KUA, Menag juga meresmikan gedung baru Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.
Menag dalam sambutannya mengatakan, Kantor Urusan Agama (KUA) adalah kepanjangan tangan Kementerian Agama yang mengemban misi sangat strategis. Menag mengapresiasi peningkatan kinerja penghulu terutama setelah ditetapkannya biaya nikah gratis di KUA dan Rp 600.000,- di luar kantor KUA
“Berkat program ini, Kemenag dapat memperoleh predikat Kementerian dengan kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar,” ujar menag.
Menag mengatakan, Kementerian Agama ingin melekatkan KUA sebagai tempat manasik dan balai nikah.KUA juga kata Menag merupakan tempat bermulanya sebuah keluarga.
“Oleh karenanya, Kementerian Agama melalui KUA ingin lebih memberdayakan keluarga,” ujar Menag.
Dalam kesempatan tersebut, Menag juga prihatin dengan maraknya perceraian di masyarakat, juga semakin meningkatnya angka kekerasan dalam keluarga. Oleh karenanya, ujar Menag, Kemenag memandang perlu adanya kursus pra nikah.
Tentang haji, Menag juga mengingatkan bahwa Haji tidak hanya sekedar ibadah tetapi juga proses perubahan, implementasi dari kemabruran haji itu sendiri. Karenanya, manasik haji tidak hanya sekedar tata cara berhaji saja tetapi apa hakekat berhaji itu dan kemabruran seseorang dalam berhaji serta dapat memberi kemanfaatan kepada lingkungan sekitarnya.
Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Jember Muqit Arief, sejumlah pejabat eselon II Kementerian Agama, Kakanwil Kemenag Jawa Timur Mahfudh Shodar, Rektor IAIN Jember Babun Suharto. (Aldi/Kemenag)