Thailand Menjadi Mimpi Buruk Indonesia

Headline057 views

Indonesia gagal mempertahankan keunggulan 2-1 yang didapat dari final leg pertama. Saat bermain di Stadion Rajamangala, Boaz Solossa dkk dipaksa menyerah dengan skor 0-2.

Hasil laga itu membuat Indonesia secara agregat kalah 2-3. Impian untuk meraih Piala AFF untuk kali pertama pun kembali menguap. Indonesia gagal lima kali di lima final yang dijalani, sementara Thailand membuat rekor karena menjadi negara ASEAN pertama yang meraih lima trofi.

Terkait pertemuan dengan Thailand, Indonesia kerap dapat mimpi buruk. Faktanya, dari lima kegagalan setelah sampai di final, tiga di antaranya terjadi karena Thailand.

Pada final di tahun 2000 Indonesia kalah 1-4. Sedangkan di 2002 duel Indonesia dengan Thailand berjalan lebih sengit, di mana laga berakhir 2-2 melalui perpanjangan waktu. Di adu penalti Indonesia kalah 2-4.

Indonesia dan Thailand telah berhadapan tiga kali pada Piala AFF tahun ini. Di pembukaan fase grup skuat besutan Kiatisuk Senamuang menang 4-2, sementara pada leg pertama final, Indonesia unggul 2-1