by

Survei LSI: Agus-Sylvi Menang Jika Pilkada Hari ini

JAKARTA -Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memastikan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni akan masuk putaran kedua. Sedangkan pasangan lainnya masih akan ditentukan antara pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Basuki Tjahaja Puranama-Djarot Saiful Hidayat.
Yang pasti berdasarkan survei yang dilakukan LSI secara tatap muka terhadap 440 responden pada 3-8 Desember 2016 di Jakarta, tidak ada satu calon pun yang bisa melampaui suara lebih dari 50 persen pada putaran pertama. Itu artinya, survei dengan margin of error plus minus 4,8 persen itu akan berlanjut di putaran kedua.
“Kami melihat bahwa Pilkada ini akan dua putaran. Salah satu tiket sebenarnya sudah dimenangkan oleh Agus,” kata Ardian Sopa, penbeliti LSI saat memaparkan hasil survei di kantor LSI Denny JA di Jalan Pamuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (20/12).
Agus, kata Ardian, sudah memiliki modal elektabilitas 33,06 persen. Agus akan bersaing dengan Ahok atau Anies di putaran kedua. Jika melawan Ahok, LSI Denny JA memprediksi, Agus Yudhoyono akan menang telak.
Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan, elektabilitas Agus sebesar 46,1 persen dan Ahok 29,1 persen jika putaran kedua Pilkada DKI digelar hari ini. Sementara warga yang belum menentukan pilihan sebesar 24,8 persen.
“Ahok bisa lolos di putaran pertama tetapi di putaran kedua dia akan game over kalah dengan selisih yang lumayan jauh di atas 15 persen, tadi kita melihat datanya sendiri 46 persen lawan sekitar 20-an persen,” kata Ardian.
Ahok juga diprediksi akan kalah jika melawan Anies di putaran kedua. LSI Denny JA menyebut elektabilitas Anies 45,3 persen dan Ahok 27,6 persen jika mereka bersaing di putaran kedua. Warga yang belum menentukan pilihan sebesar 27,1 persen.
Putaran dua Pilkada DKI, kata Ardian, akan berlangsung sengit jika Agus melawan Anies. “Tidak akan mudah bagi Agus mengalahkan Anies termasuk juga tidak akan mudah Anies mengalahkan Agus,” kata dia.
Meski sengit, LSI Denny JA memprediksi Agus akan menang tipis dari Anies. Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan, jika pilkada DKI putaran dua digelar hari ini, elektabilitas Agus 36,0 persen dan Anies 30,5 persen.

Sumber : http://poskotanews.com/2016/12/20/survei-lsi-agus-sylvi-menang-jika-pilkada-hari-ini/