by

Sidak Layanan Tax Amnesty, Sri Mulyani Sempatkan Selfie

Jakarta — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Pusat Direktorat jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu), Rabu (28/12) malam. Hal ini dilakukannya untuk memantau pelaksanaan pelayanan amnesti pajak (tax amnesty) jelang akhir periode II.

Dalam sidak tersebut, Sri Mulyani memeriksa jumlah peserta yang sudah mengikuti tax amnesty sejak pagi hari di Gedung Utama DJP. Seorang fiskus menyampaikan padanya lebih dari seribu nomor antrean telah dibagikan kepada peserta. Kebanyakan dari peserta adalah kuasa wajib pajak (WP).

Ia juga menyapa beberapa peserta tax amnesty yang kebetulan tengah berada di ruangan loket pelayanan. Beberapa dari peserta tersebut mengaku sudah mengantre sejak pagi hari.

“Kamu kenapa tidak di Kantor Pelayan Pajak Grogol Petamburan saja?” tanya Sri Mulyani kepada Faisal, salah seorang kuasa WP yang telah mengantre sejak pukul 09.30 WIB.

“Ramai Bu di sana,” jawab Faisal.

“Sudah makan?” tanya Sri Mulyani.

“Belum Bu. Cuma disediakan permen sama air mineral,” imbuh Faisal.

“Nanti dikasih kopi sama teh. Soalnya, penerimaan pajaknya masih kurang mas,” candanya.

Sri Mulyani kemudian mendatangi layanan mini ATM yang menyedikan beberapa mesin EDC dari beberapa bank pelat merah. Melalui fasilitas ini, WP bisa melakukan pembayaran pajak dan uang tebusan secara langsung.

Kepada salah satu kuasa WP yang berasal dari konsultan pajak, Sri Mulyani juga mengingatkan agar konsultan pajak tidak membantu WP menurunkan tarif uang tebusan pajak.

“Kalau yang dilaporkan WP Badan jangan bantu WP menurunkan aset supaya jadi UMKM ya, kasihan negaranya dong kalau cuma bayar uang tebusan 0,5 persen (tarif tebusan UMKM),” guyonnya.

Layani Selfie

Di sela-sela sidak tersebut, Sri Mulyani juga ramah meladeni permintaan selfie dari peserta yang sebagian berasal dari perusahaan pelat merah Telkom, agen elpiji di Purwakarta, hingga Rumah Duka.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, juga menanyakan berbagai kendala yang dihadapi oleh anak buahnya dalam memberikan pelayanan tax amnesty mulai dari apakah server pernah down hingga soal ada tidaknya WP yang marah-marah.

Tak lupa Sri Mulyani juga memotivasi dan mengucapkan terimakasih kepada anak buahnya karena bersedia lembur dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Secara umum, Sri Mulyani menilai pelayanan amnesti pajak telah lebih baik karena para petugas pajak telah belajar dari pengalaman periode pertama. Selain itu dari sisi WP pun banyak yang menggunakan konsultan pajak sehingga proses pemeriksaan dokumen bisa lebih terbantu dan cepat.

“Saya senang karena tim pajak sudah tahu pola (pelayanan ke WP). Jadi, mereka melakukan pengorganisiran lebih baik,” ujarnya.

Dari pantauan CNNIndonesia.com, loket pelayanan tax amnesty di Gedung Utama DJP pada periode ini memang telah lebih rapi dan tertata dibandingkan periode sebelumnya. Alur pelayanan juga lebih cepat dan efisien.

Namun demikian, jumlah loketnya lebih sedikit dibandingkan periode pertama yaitu dari lebih dari 40 bilik menjadi 33 bilik yang beroperasi. Hal itu mengingat jumlah peserta amnesti pajak periode II diperkirakan tak sebanyak periode sebelumnya.

Sumber : http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20161229063926-78-182796/sidak-layanan-tax-amnesty-sri-mulyani-sempatkan-selfie/