by

495 Ribu Lulusan Sarjana Nganggur

YOGYAKARTA – Koordinator Koperasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V, Bambang Supriyadi mengatakan, jumlah mahasiswa perguruan tinggi swasta jauh lebih banyak dengan mahasiswa perguruan tinggi negeri.
“Data menunjukkan mahasiswa perguruan tinggi negeri ada 1,8 juta, sementara untuk perguruan tinggi swasta ada 3,9 juta,” katanya di Yogyakarta, Sabtu (31/12/2016).
Tantangan lain, kata dia, juga banyaknya lulusan perguruan tinggi yang menganggur. Bambang menunjukkan ada 495.000 dari 668.000 lulusan bergelar sarjana menganggur. Hal ini perlu mendapat perhatian serius bagi semua pihak, tak terkecuali perguruan tinggi swasta.
Berita Rekomendasi
• Puan: Tata Ulang Orientasi Pendidikan Tinggi
• Percuma Lulus Kuliah tapi Tak Punya Skill
“Lulusan perguruan tinggi saat ini melebihi kebutuhan karena tidak ada kesesuaian profil. Jurusan-jurusan meluluskan lulusan yang tidak bisa diserap dan dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.
Oleh karena itu, kata dia, tantangan bagi perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan kualitas lulusan yang mempunyai akademik skill, life skill, interpersonal skill, dan global skill yang bisa diserap dan dibutuhkan masyarakat.

Sumber : http://m.okezone.com/read/2016/12/31/65/1580280/495-ribu-lulusan-sarjana-nganggur?utm_source=kampus_bt