by

Supono Ajak Generasi Muda Melek Politik Dengan 4 Pilar Kebangsaan

Bogor, Inionline.Id – Anggota komisi IV DPRD Jawa Barat fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Supono menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi, jalan Anggrek, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, pada Selasa (01/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Supono banyak mencontohkan aplikasi 4 pilar melalui perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dirinya pun mengatakan bahwa memberikan pemahaman 4 pilar kepada generasi muda dirasa amat penting.

“Karena generasi muda adalah penerus perjuangan bangsa, melalui 4 pilar ini paling tidak pemahaman generasi muda tentang Pancasila, tentang UUD 45, tentang NKRI, tentang Bhineka Tunggal Ika itu lebih komprehensif,” kata Supono.

Lebih lanjut, pengertian komprehensif menurutnya adalah memahami nilai-nilai historis, memahami filosofinya, serta memahami proses aplikasi dalam kehidupan berbangsa dan bertata negara di negara kesatuan Republik Indonesia ini.

Supono pun berharap, setelah sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, para peserta dari generasi muda ini menjadi melek politik serta tidak alergi terhadap politik.

“Karena bagaimana pun, jangan sampai generasi muda itu buta akan kehidupan berpolitik di tanah air, dengan wawasan dia bertambah, dengan pengetahuan dia bertambah, tentunya kecintaannya terhadap NKRI bertambah, kemudian yang kedua bisa menilai secara obyektif para pemimpinnya, juga potensi-potensi yang ada di negara ini untuk kemudian nanti pada gilirannya mereka punya partisipasi yang tinggi untuk bela negara mempertahankan keutuhan Republik Indonesia,” pungkas Supono.

Nasihin selaku Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi mengungkapkan bahwa figur Supono adalah sosok yang tepat dalam menyampaikan materi 4 pilar kebangsaan khususnya dari sisi sejarah

“Mudah-mudahan sinergi kita yang kita bangun hari ini bisa membawa kemaslahatan buat kita semuanya, saya paham betul pemateri hari ini memiliki kapasitas dibidangnya, kalau ngobrol tentang ideologi negara beliau sangat kuat,” imbuh Nasihin.

Anggota DPRD Jawa Barat, Supono (kanan) menyerahkan bantuan masker Pemprov Jabar kepada Muhammadiyah Covid-19 command center Cileungsi pada Selasa (01/12/2020).

Acara pun ditutup dengan simbolis penyerahan masker melalui Supono dari Pemprov Jabar kepada ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center PCM Cileungsi, Yudiyanto.