Ini 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami saat Memiliki Ketombe

Kesehatan157 views

Inionline.id – Terdapat banyak masalah rambut yang bisa kamu alami dan tentu sangat mengganggu. Masalah ini tak hanya buruk terhadap kulit saja namun juga pada penampilanmu. Salah satu masalah ini adalah berupa ketombe.

Ketombe merupakan salah satu masalah menyebalkan yang banyak dialami baik oleh pria maupun wanita. Kehadiran ketombe ini membuat penampilan sangat terganggu karena munculnya butiran putih seperti abu dan dapat turun hingga ke pakaian kita.

Selain masalah penampilan tersebut, ketombe ternyata juga menyimpan baya lain terhadap tubuh kamu. Dilansir dari The Health Site, berikut lima efek negatif ketombe yang bisa muncul.

Jerawat

Tanpa kamu sadari,serpihan ketombe yang jatuh dapat menyumbat pori-pori di wajah yang memicu timbulnya jerawat. Hal ini terutama bakal lebih berefek pada orang yang mudah berjerawat atau tengah memiliki jerawat.

Masalah pada Rambut

Rambut Rontok

Walau ketombe tak berhubungan langsung dengan rambut, namun gatal yang dimunculkannya bisa menyebabkan kerontokan. Pasalnya, ketika berketombe, kulit kepala akan memproduksi banyak sel kulit mati yang menghasilkan rasa gatal.

Rambut Berminyak

Ketika ketombe menyerang, kulit kepala akan menghasilkan minyak berlebih pada kulit kepala. Kondisi ini membuat rambut kemudian menjadi sangat berminyak.

Psoriasis

Psoriasis merupakan radang kulit menahun yang dapat muncul akibat ketombe. Ini adalah kondisi di mana kulit memunculkan bercak merah tebal, dan kulit bersisik pada area kepala. Psoriasis juga bisa saja muncul di telinga dan punggung.

Infeksi Mata

Berdasar sebuah penelitian yang diterbitkan dalam the Indian Journal of Dermatology, infeksi mata umum yang disebabkan oleh ketombe disebut sebagai blepharitis. Infeksi ini ditandai dengan mata merah, muncul rasa gatal dan iritasi pada kelopak mata. Selain itu muncul seperti serpihan ketombe pada bulu mata.

Ketika kamu mengalami ketombe terutama yang parah, masalah tersebut juga rentan kamu alami. Oleh karena itu, jangan sepelekan masalah ini dan sebisa mungkin atasi dengan cepat.