Debat Kedua Pilkada Solo Mengangkat Materi Penanganan Covid-19, Hanya Disiarkan TV Lokal

Politik157 views

Inionline.id – Debat kedua pilkada Solo akan dilangsungkan pada Kamis 3 Desember. Debat kali ini hanya disiarkan televisi lokal.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mengangkat tema debat kali ini ‘Memajukan Surakarta sebagai Kota Budaya yang Inovatif dalam Keberagaman melalui Kolaborasi dan Penguatan Civil Society’.

“Debat kedua nanti berlangsung 8 segmen. Setiap segmen materi berbeda serta ada pertanyaan yang harus dijawab kedua paslon,” ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, Selasa (1/12).

“Debat besok itu tidak jauh berubah dengan debat pertama pada tanggal 6 November lalu. Lokasi acara debat di kantor televisi lokal Solo di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres Solo,” sambung Nurul.

Menurut dia, sesi tanya jawab antar kedua paslon tetap dimunculkan dalam debat kedua ini. Pertanyaan dari masyarakat juga dimunculkan dalam cuplikan video.

“Debat Pilkada Solo tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Peserta dalam ruangan acara debat kita batasi maksimal 50 orang,” jelas dia

Materi debat tersebut, dikatakan Nurul, di antaranya, tentang bagaimana cara kedua paslon memajukan daerah dan kolaborasi dengan daerah di Soloraya, kebijakan strategi pencegahan penanganan dan pengendalian Covid-19. Kemudian kolaborasi dengan provinsi dalam membangun daerah dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan lainnya.

“Kami membatasi waktu bagi paslon dalam setiap menjawab pertanyaan materi debat yang telah disusun panelis,” terang dia.

Untuk panelis debat, lanjut Nurul, KPU Solo telah menunjuk Prof Dr Ismi Dwi Astuti, MSi (Dekan FISIP UNS), Sri Hastjarjo, PhD (Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS/pengamat komunikasi politik), Ahmad Rifai (aktivis Kota Solo), Pamikatsih (aktivis disabilitas), dan Gunawan Setiawan (pengusaha batik Kauman).