by

Problem Infrastruktur Masih Mendominasi Reses Supono di Cibinong Bogor

Bogor, Inionline.Id – Reses I tahun sidang 2020-2021 oleh anggota komisi IV DPRD Jawa Barat, Supono, sukses digelar pada Jum’at (13/11/2020). Berlokasi di Kantor Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, sebanyak 25 tokoh masyarakat sekitar tampak memenuhi aula kantor kelurahan.

Lurah Harapan Jaya, Raden Ika Sudarmika mengatakan bahwa sesuai kewenangan anggota DPRD Jabar yang hadir kewilayahnya, dirinya mengutarakan ada beberapa aspirasi yang ingin di advokasi oleh Supono untuk tingkat Jawa Barat.

“Beliau punya saran, karena memiliki wewenang di komisi IV DPRD Jabar, akan ada beberapa ruas jalan yang ditingkatkan menjadi jalan provinsi, karena jika status jalannya Kabupaten Bogor maka akan mengalami keterbatasan anggaran,” tutur Ika.

Dirinya memandang, jika beberapa ruas jalan diambil oleh Pemprov Jabar tidak ada masalah dan justru akan mengurangi beban APBD Kabupaten Bogor.

Kemudian masalah daerah aliran sungai, terdapat masalah di wilayahnya dimana anak sungai Cikaret yang bertemu dengan sungai Sudut Tamu maka ada sisi sungai yang jebol dimana dibawah sungai tersebut terdapat komplek perumahan Selaras.

“Hal tersebut bisa menimbulkan banjir bandang dan sekian kepala keluarga bisa jadi korban, akhirnya bantuan turab Cikaret yang harusnya di dapat tahun ini maka dialihkan ke lokasi tersebut, maka kami ingin di 2021 sepanjang jalur Cikaret karena turap-turapnya sudah hancur sehingga ada beberapa rumah disampingnya sudah sampai kena ke pondasi rumahnya,” kata Ika.

Lanjut, ini merupakan suatu dilema ketika masyarakat tersebut membuat pemukiman namun tidak memikirkan garis sepadan sungai.

“Selain itu kami juga membutuhkan SMA Negeri di wilayah Harapan Jaya, akhirnya banyak anak-anak kami lari ke swasta karena sistem zonasi itu kan yang untung yang dekat-dekat,” pungkas Ika.

Bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bogor, anggota DPRD Jabar, Supono (kanan) menyerahkan bantuan masker Pemprov Jabar kepada Lurah Harapan Jaya, Raden Ika (kiri), pada Jum’at (13/11/2020).

Menanggapi aspirasi jalan dan drainase, Supono yang juga politisi PAN ini menegaskan bahwa masalah mendasar di Kelurahan Harapan Jaya berupa drainase jalan.

“InshaAllah di 2021 ini nanti ada program untuk drainase jalan, kemudian peningkatan jalan yang dari Pondok Rajeg, kita akan perjuangkan benar itu, kemudian daerah saluran air yang dari Setu Cikaret menuju Depok itu harus ada penataan, daerah aliran sungainya itu agar rapi, tertib, dan tidak membahayakan, hal inilah yang menjadi pokok agar kita perjuangkan,” tegas Supono.

Termasuk masalah pendidikan yang dikeluhkan oleh Lurah Harapan Jaya, hal tersebut menjadi catatan Supono untuk disampaikan di level Pemprov Jabar. (JC)