by

Papua Menyiapkan 8 Ribu Pasukan TNI-Polri Untuk Pilkada 11 Kabupaten

Papua, Inionline.id – Polda Papua telah menyiapkan pasukan untuk pengamanan Pilkada serentak di 11 Kabupaten di Papua, pihaknya telah menyiapkan 8,000 pasukan gabungan TNI-Polri.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pasukan TNI yang telah disiapkan terdiri dari jajaran Polres-Polsek, masing-masing daerah yang daerahnya menyelenggarakan pilkada. Pihaknya juga telah menyiapkan pasukan Brimob Nusantara, yang akan disiapkan di Jayapura, dan sewaktu waktu dibutuhkan siap untuk dikirim ke daerah yang secara eskalasi membutuhkan bantuan tambahan dalam pengamanan pilkada.

“Kita siapkan 8000 pasukan Polri dari Jajaran Polres-Polsek dan juga TNI di masing-masing daerah, dan kami juga sudah meminta bantuan Pasukan Brimob Nusantara, yang nantinya akan di tempatkan di Jayapura. Jika ada daerah dengan eskalasi meningkat dan perlu penambahan akan di kirim dari Jayapura,” kata Kamal, Sabtu (14/11/2020).

Kamal menambahkan, terdapat 11 dari 29 kabupaten dan kota di Papua akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 mendatang. Diantaranya Kabupaten Waropen, Supiori, Merauke, Yalimo, Boven Digul, Asmat, Mamberamo Raya, Nabire, Keerom, Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Yahukimo.

Tambah Kamal situasi keamanan pada umumnya di Papua masih aman, walau di beberapa daerah sempat terjadi gejolak dan permasalahan seperti kabupaten Yahokimo, Asmat dan Boven Digoel.

“Walau kemarin sempat ada insiden di Yahokimo, Asmat dan polemik di Boven Digoel yang berujung pemberhentian anggota KPU Boven, dan kini di ambil alih KPU Provinsi, tapi secara umum situasi masih aman, dan beberapa kasus masih di dalami oleh kepolisian,” Tambah Kamal.