Joe Biden Meminta Warga AS Mulai Gunakan Masker untuk Mencegah Penyebaran Corona

Internasional057 views

Inionline.id – Presiden Terpilih Amerika Serikat, Joe Biden mendesak warga Amerika Serikat (AS) untuk mulai mengenakan masker. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di negara tersebut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (10/11/2020), Pihak Demokrat mengatakan orang Amerika harus bersatu dengan ‘tujuan bersama’ untuk mengalahkan virus usai pemilihan yang memecah belah. Arahan memakai masker ini bukan sekedar pernyataan politik.

“Jadi tolong, saya mohon, pakai masker,” kata Biden di Wilmington setelah dia dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris mengadakan pengarahan virtual dengan Dewan Penasihat COVID-19 yang baru.

Joe Biden menegaskan permintaannya bukanlah sebuah pernyataan politik. Dia meminta agar warga Amerika Serikat melakukan ini untuk diri sendiri dan orang di sekitarnya.

“Lakukan untuk dirimu sendiri, lakukan untuk tetanggamu. Masker bukanlah pernyataan politik, tapi itu cara yang baik untuk mulai menyatukan negara,” ucap Biden.

Joe Biden yang berusia 77 tahun, secara rutin mengenakan penutup wajah atau masker selama beberapa bulan terakhir. Berbeda dengan Presiden Donald Trump yang sebagian besar menghindari penggunaan masker dan bahkan mengadakan demonstrasi terbuka di mana ribuan pendukung berkumpul bersama tanpa mengenakan masker.

Para ilmuwan di pemerintahan Trump sendiri sebetulnya telah memperingatkan orang Amerika harus mengenakan masker saat mereka menghadapi pandemi yang melonjak. Terlebih saat menghadapi bulan-bulan yang lebih dingin ke depannya.