by

Hari Guru Nasional di Tengah Pandemi, Ini Pesan Nadiem Makarim

Inionline.id – Pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyoroti proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. Sebab Pembelajaran Jarak Jauh ini juga turut berdampak pada sistem pendidikan, utamanya guru.

Nadiem mengatakan, jutaan pendidik dituntut melakukan PJJ agar terhindar dari potensi penularan virus korona. Situasi itu, kata dia, memang menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak berdaya.

“Ada pilihan untuk menyerah, ada opsi untuk mengeluh. Namun, kita memilih terus bangkit dan be?juang,” kata Nadiem dalam sambutan saat upacara Hari Guru Nasional (HGN) yang disiarkan lewat¬†YouTube¬†dari Gedung Kemendikbud Jakarta, Rabu, 25 November 2020.

Karena ada semangat untuk bangkit itu pula, Nadiem meyakini, bahawa para guru bisa melanjutkan pembelajaran bagi para murid. Meskipun saat ini diselimuti berbagai keterbatasan.

“Saya sangat percaya bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu, bergotong royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya,” terang Nadiem.

Nadiem juga mengapresiasi peran orang tua, yang akhirnya turut menjadi guru bagi anak di rumah selama pandemi. Orang tua telah menjadi bagian dalam memotivasi dan menemani anak belajar.

Dia berharap, sikap gotong royong seluruh pihak dapat pula menjadi panutan bagi para siswa. Sikap gotong royong di dunia pendidikan membuat pembelajaran tidak mengenal kata menyerah.

“Saya berharap seluruh insan pendidikan menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi. Saya juga mengajak semua pihak melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk,” pungkas Nadiem.